get app
inews
Aa Read Next : Inilah Berita Pertanian Majapahit, Bukan Hanya Negeri Tanah Liat

Minak Jinggo Digambarkan Sebagai Garuda, Bagaimana Kebenarannya?

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 11:00 WIB
header img
Arca Garuda yang dipercaya sebagai sosok Minak Jinggo. (Foto: Soleh Hutama/Hurahura)

MOJOKERTO, iNewsMojokerto.id - Sosok Minak Jinggo diyakini benar-benar ada dan hidup di zaman Majapahit. Meski banyak penelitian yang menyebut bahwa tokoh ini hanyalah tokoh fiktif, nyatanya masyarakat masih memercayai bahwa tokoh ini nyata.

Salah satu kepercayaan masyarakat akan kebenaran tokoh Minak Jinggo adalah keberadaan Candi Minak Jinggo. Bangunan yang sejatinya tinggal reruntuhan ini adalah candi keagamaan pada masanya.

Candi Minak Jinggo terletak di kawasan Trowulan. Di area bangunan candi inilah terdapat sebuah patung yang diyakini masyarakat sebagai sosok Minak Jinggo. Namun, fakta penelitian menunjukkan jawaban lain.

Sebuah arca garuda bertaring dengan tubuh seperti manusia diyakini masyarakat sebagai sosok Minak Jinggo. Dialah Raja Blambangan yang pada akhirnya dikalahkan oleh Damarwulan, Raja Majapahit. 

Menurut penelitian Annisa dalam skripsinya ‘Candi Menakjingga Tinjauan Latar Belakang Keagamaan Berdasarkan Penggambaran Relief’ yang Tim iNews kutip dari laman Kemdikbud, patung Minak Jinggo tersebut adalah arca garuda. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut