get app
inews
Aa Read Next : KARA Rencanakan Comeback Ulang Tahun ke-15

Tagar #JusticeForGaram Naik, Netizen Minta Nama Kim Garam Dibersihkan

Minggu, 31 Juli 2022 | 12:21 WIB
header img
Kim Garam, bukti ia juga mengalami bullying di sekolah. (Foto: Twitter)

MOJOKERTO, iNews.id - Pada 19 Juli 2022, HYBE mengumumkan kabar hengkangnya Kim Garam dari LESSERAFIM. Hari ini 31 Juli 2022, tagar #JusticeForGaram (ed: keadilan untuk Garam) trending di Twitter sebagai tuntutan para pecinta K-Pop di Indonesia.

Kabar keluarnya Kim Garam dari LESSERAFIM cukup mengejutkan dan menerima banyak respon. Pasalnya, pemutusan kontrak Kim Garam dengan manajemen HYBE memiliki latar belakang situasi yang cukup pelik.

Hal ini bermula dari kasus dugaan bullying (perundungan) yang mendera Kim Garam pada April 2022. Kasus ini mencuat tidak lama setelah manajemen HYBE mengumumkan secara resmi terbentuknya LESSERAFIM.

Masalah dimulai ketika banyak teman sekolah Kim Garam mulai merilis foto masa lalunya. Karena banyaknya foto pre-debut yang dipublikasikan, netizen pun mulai mempertanyakan apakah ada alasannya.

Beberapa orang yang mengaku satu sekolah dengan Kim Garam pun mulai mengungkapkan siapa sosok Kim Garam yang mereka kenal. Dari sinilah muncul beberapa tuduhan yang menyebut Kim Garam terkenal sebagai pelaku bullying di sekolah.

Kim Garam memiliki citra buruk di lingkungan sekolahnya

Kabar citra Kim Garam di sekolah tentu mengancam kariernya sebagai idol baru. Tidak hanya bullying, beberapa pernyataan menyebutkan Garam memiliki kebiasaan merokok dan tindakan kenakalan remaja lainnya.

Manajemen HYBE sempat menyangkal isu tersebut. Sampai pada paruh kedua Mei 2022, muncul pernyataan resmi salah satu korban bullying.

Korban mengaku mengalami trauma hingga pindah sekolah pada 2018. Pernyataan ini dikeluarkan secara resmi dengan dampingan pengacara sehingga pihak HYBE tidak memiliki pilihan lain selain menanggapinya.

Situasi pun berujung pada keputusan pihak manajemen untuk menghiatuskan Kim Garam. Pihak HYBE menolak mencoret Garam dari LESSERAFIM sebagaimana tuntutan netizen kala itu.

Tegangan antara pihak manajemen HYBE, pihak yang mengaku korban bullying, dan netizen K-pop pun memanas. Hingga akhir Juni, seruan untuk mengeluarkan Garam dari LESSERAFIM terus digaungkan.

Kim Garam keluar dari LESSERAFIM pada 19 Juli 2022

Dengan kegigihan mempertahankan Kim Garam dalam LESSERAFIM, pihak HYBE pun akhirnya kalah. Pada 19 Juli 2022 disampaikan pengumuman resmi pemutusan kontrak antara HYBE dan Kim Garam.

Garam pun resmi keluar dari LESSERAFIM sebagaimana tuntutan netizen. Kabar ini mendapat berbagai respon. Sebagian netizen merasa lega karena percaya bahwa Kim Garam bisa memberi citra buruk pada LESSERAFIM.

Namun, ada juga netizen yang sedih akan kabar hengkangnya Kim Garam. Umumnya, respon seperti ini muncul dari K-Popers yang berpihak netral akan kasus tuduhan bullying tersebut.

Tagar #JusticeForGaram trending di Twitter, netizen sebar bukti kasus sebenarnya

Minggu 31 Juli 2022, tagar #JusticeForGaram trending menyusul tersebarnya bukti surat hukuman sekolah yang diterima Kim Garam di tahun pertama sekolah menengah.

Bukti tersebut menunjukkan adanya hukuman yang diterima Kim Garam sebagai pelaku bullying. Faktanya, hukuman tersebut menunjukkan kasus Garam sudah diselesaikan oleh pihak sekolah.

Satu hal lagi yang tidak disebut sejak awal adalah bahwa pasca kejadian itu, Kim Garam justru berbalik menjadi korban bullying di sekolah. Bahkan, yang diterima Garam diduga lebih buruk dari yang pernah dilakukannya.

Netizen pun menyorot fakta bahwa Kim Garam mendapat lebih banyak cercaan dibanding dukungan yang dibutuhkannya selama ini. Netizen menyayangkan fakta ini baru terungkap setelah hengkangnya Kim Garam dari LESSERAFIM.

Oleh karena itu, tagar #JusticeForGaram trending sebagai ungkapan keinginan netizen agar nama Kim Garam dibersihkan. Netizen berharap setelah peristiwa ini Kim Garam dapat berkarya kembali meski tidak bersama LESSERAFIM.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut