get app
inews
Aa Read Next : Rusia dan Korut Semakin Mesra, Ada Jadwal Kunjungan Dalam Waktu Dekat

Ukraina Dituduh Sebar Ranjau di Wilayah Donetsk, Berukuran Kecil dan Bisa Bikin Cacat

Kamis, 28 Juli 2022 | 19:42 WIB
header img
ranjau darat yang ditemukan di wilayah Donetsk. (Telegram/Aleksey Kulemzin)

MOSKOW, iNews.id - Militer Ukraina dituduh menebar ranjau darat berbentuk seperti mainan yang dilarang penggunaannya. Ranjau darat itu ditemukan di wilayah Donetsk yang kini telah dikuasai pasukan Rusia dan kelompok separatis pro-Moskow. 

Wali Kota Donetsk Aleksey Kulemzin mengatakan ranjau anti-personel bernama PFM-1 yang berukuran kecil dan berbentuk seperti mainan itu dijatuhkan ke jalanan kota dari udara pada Rabu (27/7/2022) malam.

“Tim penjinak bom dan tim penyelamat bekerja sejak pagi hari. Kendaraan yang dilengkapi dengan pengeras suara memperingatkan warga setempat,” kata Kulemzin, di Telegram, seraya mengimbau penduduk untuk waspada dan tidak mendekati ranjau, seperti dilaporkan kembali RT, Kamis (28/7/2022). 

Ranjau darat PFM-1 berbentuk kupu-kupu sebetulnya sudah dilarang penggunaannya di bawah Konvensi Ottawa 1997. Dalam konvensi Ottawa itu, Ukraina ikut membubuhkan tanda tangan kesepakatan. 

PFM-1 tak membunuh korbannya, melainkan membuat cacat. Efek ledakan bisa membuat kaki korban yang menginjaknya terkoyak.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut