Rayakan Bergabungnya Empat Wilayah, Putin: Ini Keinginan Jutaan Orang

Trisna Eka Adhitya
.
Sabtu, 01 Oktober 2022 | 06:43 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin. (Foto: iNews, REUTERS)

LONDON, iNewsMojokerto.id - Presiden Rusia Vladimir Putin merayakan perayaan bergabungnya empat wilayah ke Rusia yakni Donetsk, Luhansk, Kherson, dan Zaporizhzhia. Seremoni pun digelar di Hall St George, Istana Kremlin Jumat (30/9/2022).

"Ini adalah keinginan jutaan orang," katanya, dalam pidato di hadapan ratusan pejabat tinggi Rusia, seperti dikutip dari Reuters.

Dalam pidato yang berulang kali disela oleh tepuk tangan itu, Putin menegaskan agar Ukraina berhenti melakukan aksi militer dan kembali ke meja perundingan. Seremoni ini berlangsung 3 hari setelah keluarnya hasil referendum di keempat wilayah.

Hasil referendum sendiri menyatakan bahwa lebih dari 99 persen penduduk di Luhansk dan Donetsk setuju bergabung dengan Rusia. Kemudian untuk Zaporizhzhia dan Kherson masing-masing lebih dari 93 dan 87 persen.

Dalam seremoni ini turut dihadiri perwakilan pemerintah boneka Moskow dari keempat wilayah. Ukraina dan negara Barat menyebut referendum itu palsu, tidak sah, dan berlangsung di bawah todongan senjata.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini