get app
inews
Aa Read Next : Harap Tenang, Cacar monyet Tidak Akan Jadi Pandemi Seperti Covid-19

Sedia Payung Sebelum Hujan, Pemerintah Siapkan Laboratorium Uji Sampel Cacar Monyet

Rabu, 27 Juli 2022 | 08:10 WIB
header img
Spesimen hasil positif uji laboratorium pada pasien cacar monyet. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah menyiapkan laboratorium untuk melakukan uji sampel untuk mendeteksi awal penyakit cacar monyet di Indonesia. Hal ini sebagai langkah antisipasi pasca ditetapkannya status darurat kesehatan internasional oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). 

"Pemerintah telah mempersiapkan komponen-komponen yang diperlukan dalam usaha deteksi awal penyakit seperti penunjukan dua laboratorium untuk melakukan uji sampel," ujar Koordinator Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Wiku Adisasmito dalam keterangan pers daring di Jakarta, Selasa (26/7/2022). 

Laboratorium yang ditunjuk yakni laboratorium pusat studi satwa primata atau PSSP LPPM IPB di Bogor, Jawa Barat, dan laboratorium penelitian penyakit infeksi Prof Sri Oemiyati BKPK di Jakarta. Untuk memberi pemahaman kepada masyarakat, pemerintah juga menggencarkan sosialisasi. 

"Selain itu pemerintah juga semakin gencar melakukan sosialisasi mengenai penyakit cacar monyet untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang penyakit ini," ujar Wiku.

Sosialisasi khususnya tentang bagaimana penyakit dapat menular, risiko-risiko yang dapat meningkatkan penularan serta cara terhindar dari penyakit cacar monyet. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut