get app
inews
Aa Read Next : DWP Kota Mojokerto dan Diskominfo Kompak Adakan Pelatihan Pembuatan Toko Online

Mengupas Dua Sosok Pendiri Shopee, Raksasa Ecommerce di Indonesia

Selasa, 19 Juli 2022 | 19:33 WIB
header img
pendiri Shopee Forrest Li. (Foto: Forrest Li)

Sebelum mendirikan Shopee, pria bernama asli Forrest Xiaodong Li sempat mengalami pasang surut bisnis. Ia sempat menjadi karyawan dan bekerja di Viacom Media Networks sebelum akhirnya Forrest Li bekerja di Motorola Networks Inc di Shanghai. 

Pria yang lahir di Tianjin, Cina, pada tahun 1978 juga diketahui pernah bekerja di perusahaan produsen kaca terkemuka, Corning Inc. Cara pandang Li berubah di tahun 2005 setelah mendengar ceramah Steve Jobs yang akhirnya membuat perusahaan digitalnya sendiri. 

Ia mendirikan GG Games di Singapura dan mencoba peruntungan berbisnis game online dan sempat terkenal lewat platform game online miliknya, Garena. Perusahaan induknya adalah Sea Ltd yang berbasis di Singapura serta menaungi Shopee dan Airpay Limited.

Namun, bisnis game online tersebut bisa dikatakan tidak berhasil. Tak patah arang, Li bersama beberapa kolega akhirnya mendirikan Garena yang kini dikenal sebagai SEA Limited. 

Forrest Li saat ini dikenal sebagai salah satu orang terkaya di Singapura. Berdasarkan data Forbes, kekayaan Li tercatat mencapai USD13,2 miliar atau sekitar Rp193 triliun. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut