get app
inews
Aa Read Next : 10 Daftar Negara Tertua, Salah Satunya di Semenanjung Italia

Profil Shinzo Abe, Perdana Menteri Jepang Terlama yang Meninggal Secara Tragis

Sabtu, 09 Juli 2022 | 12:02 WIB
header img
Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. (Foto: reuters)

TOKYO, iNews.id – Mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, ditembak dan kemudian meninggal saat menyampaikan pidato di Kota Nara, Jumat (8/7/2022) pada pukul 11.30 waktu Jepang atau 09.30 WIB. Dalam sejarah pemerintahan negeri samurai, Abe tercatat sebagai kepala pemerintahan terlama. 

Dia lahir pada 21 September 1954 dan berasal dari keluarga politikus. Kakek Abe, Nobusuke Keshi, adalah Perdana Menteri Jepang pada periode 1957-1960. 

Sementara Shintaro Abe, ayah kandung Shinzo Abe, pernah menjabat Menteri Luar Negeri Jepang. Abe memulai karier politiknya sebagai anggota parlemen pada 1993. 

Dia masuk jajaran kabinet untuk pertama kalinya pada Oktober 2005. Kala itu, dia diberi tanggung jawab sebagai menteri sekretaris kabinet.

Kiprah politikus Partai Liberal Demokrat (LDP) itu sungguh cemerlang. Di usia 52 tahun, dia berhasil menduduki kursi perdana menteri Jepang untuk pertama kalinya pada 2006. 

Abe pun tercatat sebagai PM Jepang termuda setelah masa Perang Dunia II.  Di masa pemerintahan pertamanya, Abe hanya setahun menjabat setelah memutuskan mundur pada 2007 karena masalah kesehatan.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut