JAKARTA, iNews.id - Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan, resmi meluncurkan minyakita, Rabu (6/7/2022). Minyakkita merupakn prroduk minyak goreng dalam kemasan sederahana ukuran 1 liter yang akan dijual di ritel-ritel modern dengan harga Rp.14.000 per liter.
"Inilah kemasan sederhana yang kita luncurkan hari ini. Tentu yang kemasan sederhana ini akan lebih mudah sampai ke ritel-ritel karena kemasannya sudah aman, tidak mudah pecah. Kalau sebelumnya kan di pasar-pasar, warung-warung itu bentuknya curah, sedangkan ritel enggak mau jual. Tapi dengan yang baru ini (Minyakita) sudah ada izin edarnya ritel-ritel bisa jual," tutur Mendag Zulkifli di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (6/7/2022).
Menurut dia, Minyakita memudahkan masyarakat dalam mendapatkan stok minyak goreng, sekaligus mempermudah proses distribusi ke setiap daerah.
"Pagi ini kita melakukan sesuatu yang penting, yaitu peluncuran Minyakita, produk minyak goreng yang dikemas secara sederhana," ujar Mendag Zulkifli.
Dia menjelaskan, merek Minyakita dapat dipakai perusahaan-perusahaan produsen minyak goreng selama 4 tahun dan bisa diperpanjang sewaktu-waktu.
"Merek Minyakita ini boleh dipakai oleh perusahaan-perusahaan dan dipasarkan di berbagai tempat," kata Mendag Zulkifli.
Dia menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak terutama produsen minyak kelapa yang telah membantu menyukseskan peluncuran produk Minyakita untuk membantu masyarakat.
"Ini berkah buat kita semua. Senang saya melihat tetangga, masyarakat bahagia karena sudah bisa beli minyak goreng harga murah. Petani juga bahagia, pemerintah bahagia, pengusaha pun dapat cuan yang banyak," ungkap Mendag Zulkifli.
Pada kesemapatan itu, Mendag mengungkapkan bahwasannya sebelum dikeluarkannya terobosan Minyakita ini, minyak goreng seharga Rp14.000 per liter itu sulit di temukan di ritel-ritel karena bermasalah dengan kemasannya yang mudah pecah sehingga mengotorkan toko. Namun, dengan adanya minyak goreng kemasan merek Minyakita ini diharapkan para pengusaha bisa mendistribusikannya ke ritel-ritel sehingga masyarakat semakin mudah mendapatkannya.
Editor : Trisna Eka Adhitya