Usai Pratama Arhan, Akan Banyak Pemain Indonesia ke Jepang

Trisna Eka Adhitya
Pratama Arhan saat berada di Dubes RI untuk Jepang. (foto: Dok. Dubes RI untuk Jepang).

TOKYO, iNews.id - Pasca direkrutnya Pratama Arhan menjadi pemain klub Liga Jepang Tokyo Verdy musim ini, momentum bagi pemain Indonesia yang ingin merumput di jepang semakin terbuka. Pratama Arhan menjadi pemain sepak bola Indonesia kelima yang mendapat kontrak dari klub sepak bola Jepang.

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi mengatakan, keberadaan Arhan di klub liga 2 Jepang itu akan menjadi peluang baru kerja sama erat antara Indonesia dan Jepang di bidang olah raga khususnya sepak bola.

"KBRI Tokyo siap mendukung dan memfasilitasi kerja sama ini. Hal ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap penguatan kualitas sepak bola Indonesia,“ ujarnya saat konferensi pers di Wisma Duta, Tokyo, Jumat, (25/3/2022).

Menurutnya, melalui perekrutan Arhan merupakan sebuah permulaan untuk membuka kesempatan bagi pesepak bola muda tanah air yang ingin menimba ilmu dari negeri Sakura.

“Tokyo Verdy pada pertemuan sebelumnya telah menyampaikan kepada saya bahwa perekrutan Arhan adalah sebuah permulaan dan akan melanjutkan kerja sama pengembangan kapasitas sepak bola tanah air. Termasuk menerima magang dari pemain U-19 atau U-16 di Tokyo Verdy dan kolaborasi dengan klub-klub sepak bola di Indonesia serta ingin melakukan tur pramusim ke Indonesia,“ tuturnya. 

Dalam konferensi pers tersebut juga dihadiri oleh Arhan Pratama, CEO Tokyo Verdy Takaaki Nakamura dan General Manager Tokyo Verdy Atsuhiko Ejiri.

Pratama Arhan dalam kesempatan itu juga menyampaikan akan bekerja keras untuk menampilkan penampilan terbaiknya dalam membela Tokyo Verdy. 

“Saya siap memberikan yang terbaik untuk klub Tokyo Verdy selama saya bergabung. Dan tentunya saya siap membawa harum bangsa Indonesia. Terima kasih atas doa masyarakat Indonesia dan juga dukungan dari KBRI Tokyo,“ katanya.

CEO Tokyo Verdy Takaaki Nakamura dalam kesempatan itu juga menyatakan kesiapan dari Tokyo Verdy dalam pengembangan kerja sama sepak bola dengan Indonesia. Usai keterangan pers bersama, acara dilanjutkan dengan resepsi terbatas yang dihadiri Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan secara daring. 

Tokyo Verdy adalah klub sepak bola yang memiliki sejarah besar di sepak bola Jepang. Saat ini Tokyo Verdy berada di Divisi 2 Liga Jepang, namun pernah meraih juara umum J-League pada tahun 1993 dan 1994. 

Pratama Arhan dikontrak Tokyo Verdy dari klub PSIS Semarang selama dua musim kompetisi dari tahun 2022 – 2024. Pada turnamen sepak bola AFF ASEAN Cup tahun 2021, Arhan meraih gelar sebagai Best Young Player of the Tournament;. Selama dikontrak Tokyo Verdy, Arhan akan tetap menjadi Brand Ambassador PSIS Semarang. 

Sebelum Arhan, ada empat pemain Indonesia yang telah merumput di Jepang, yakni: Ricky Yacobi, direkrut Matsushita Electri pada 1988; Irfan Bachdim, direkrut Ventforet Kofu pada 2012; Stefano Lilipaly, direkrut Consadole Sapporo pada 2014; dan Ryu Nugraha, yang kini masih bermain untuk Nagano Perceiro, divisi 3 Liga Jepang.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network