Gunung Semeru Semburkan Awan Panas, Kolom Abu 1000 Meter

Trisna Eka Adhitya
Gunung Semeru mengeluarkan awan panas pada Sabtu (19/3/2022) pagi. (Foto: iNews/Yayan Nugroho).

LUMAJANG, iNews.id - Gunung Semeru memuntahkan awan panas pada Sabtu (19/3/2022) pagi. Awan panas ini memiliki jarak luncuran 3,5 kilometer ke arah tenggara dengan ketinggian kolom abu mencapai 1000 meter. 

Semburan awan panas ini terpantau pos pengamatan gunung api Semeru  sekitar pukul 05.00 WIB. Arah luncuran awan panas Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang itu mengarah ke Besuk Kobokan dan Besuk Lengkong.

"Berdasarkan laporan pengamat di pos pantau gunung api disampaikan pagi tadi pukul 05.35 WIB terjadi awan panas semburan dengan durasi 232 detik," kata Kepala Pelaksana BPBD Lumajang Patria Dwi Hastiadi.

Dia juga mengatakan, awan panas guguran itu belum berdampak signifikan terhadap permukiman warga di kaki Gunung Semeru. Meski demikian, dirinya mengingatkan status Gunung Semeru saat ini dalam status Siaga Level III yang artinya masyarakat harus tetap waspada dan tidak beraktivitas di sekitar lokasi rawan. 

"Warga juga kami imbau tidak beraktivitas di kanan dan kisi sungai aliran lahar di radius 500 meter. Sampai hari ini status Gunung Semeru siaga level 3," katanya. 

Selain itu, warga juga diminta tidak beraktivitas di radius 13 km dari puncak Semeru.  "Tidak beraktivitas di radius 13 km dari puncak, dan 500 meter kanan-kiri aliran lahar Semeru," tuturnya.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network