Lakukan Penelitian, Gus Andi Sebut Komunikasi Politik Prabowo Strategis Dan Berbudaya

Trisna Eka Adhitya
Dr,H.Andi Budi Sulistyonagoro,SH.,M.Ikom atau Gus Andi. (Foto: istimewa)

“Selain itu, penelitian ini juga mengeksplorasi bagaimana strategi multimedia berbeda di seluruh kelompok demografis, mencatat bahwa pemilih yang lebih muda sangat responsif terhadap elemen media digital dan media sosial, sedangkan demografi yang lebih tua menunjukkan keterlibatan yang lebih tinggi dengan bentuk-bentuk media tradisional yang diintegrasikan ke dalam kampanye,” ungkapnya.

Lebih lanjut Ketua Forum Doktor Komunikasi Indonesia, Gus Andi menambahkan, bahwa analisis yang ia buat dengan mempertimbangkan implikasi dari strategi-strategi, terhadap keterlibatan demokratis dan komunikasi politik di Indonesia.

“Secara keseluruhan, penelitian yang saya lakukan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pemahaman komunikasi politik di Asia Tenggara dan menawarkan wawasan tentang penggunaan multimedia yang efektif dalam strategi pemilu. Dan penelitian ini menyoroti perlunya kampanye politik beradaptasi dengan kemajuan teknologi sambil mempertimbangkan budaya dan demografi pemilih mereka,” terangnya.

Diungkapkan Sentono dalem Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Gus Andi bahwa untuk mengatasi kesenjangan, penelitian ini mengusulkan untuk mengevaluasi peran dan kontribusi spesifik dari berbagai elemen multimedia dalam kampanye politik Prabowo Subianto.

“Dalam konteks ini, kampanye politik Prabowo Subianto menawarkan studi kasus yang menarik tentang bagaimana multimedia dapat digunakan secara strategis untuk mempengaruhi persepsi dan perilaku pemilih,” ungkapnya.

Sekjend Asosiasi Dosen Metodologi Penelitian Indonesia Gus Andi menerangkan, bahwa Prabowo Subianto, merupakan seorang tokoh penting dalam politik Indonesia, telah menggunakan multimedia secara luas dalam kampanyenya.

“Dari awal keterlibatannya dalam dunia politik hingga kampanye terbarunya, Prabowo secara konsisten menggunakan berbagai elemen multimedia untuk meningkatkan daya tarik elektoralnya. Penggunaannya atas platform media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram, dikombinasikan dengan media tradisional seperti iklan televisi, menyoroti pendekatan multifaset dalam komunikasi politik,” terangnya.

Ditegaskan Ketua Yayasan Forum Indonesia Maju dan Berbudaya yang turut andil mengembangkan Padepokan Sethonegoro, Gus Andi, bahwa tujuan utama penelitiannya adalah untuk menganalisis penggunaan strategis multimedia dalam kampanye politik Prabowo Subianto dan mengevaluasi efektivitas berbagai elemen multimedia dalam mempengaruhi persepsi dan perilaku pemilih.

“Studi ini juga bertujuan memberikan pemeriksaan mendetail tentang bagaimana berbagai jenis multimedia, termasuk platform media sosial, iklan televisi, video daring, dan grafik digital, diintegrasikan ke dalam strategi kampanye Prabowo dan bagaimana mereka berkontribusi pada kesuksesan elektoral. Dengan meneliti integrasi berbagai komponen multimedia ke dalam upaya kampanyenya, penelitian ini berusaha untuk berkontribusi pada pemahaman yang lebih luas tentang komunikasi politik di era digital,” pungkasnya.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network