India Bergejolak, Ribuan Dokter Muda Mogok Kerja Gegara Kasus Perkosaan dan Pembunuhan Rekannya

Trisna Eka Adhitya
Ribuan dokter dan tenaga medis kembali melakukan mogok di New Delhi, India, Senin (19/8/2024). (Foto: iNews, AP)

iNEW DELHI, iNewsMojokerto.id – Ribuan dokter muda India melakukan mogok massal di seluruh penjuru India. Mereka melakukan protes menuntut keadilan setelah adanya pemerkosaan dan pembunuhan salah satu rekan sesama dokter. 

Media lokal melaporkan, dampak demo ini menyebabkan hampir sepekan layanan rumah sakit di India terhambat dalam memberikan pelayanan. Para pendemo juga mendesak pemerintah untuk menjamin rasa aman bagi para tenaga kesehatan di tempat mereka bekerja. 

Pada 9 Agustus lalu, seorang dokter yang sedang mengambil program spesialis diperkosa dan dibunuh. Mayat perempuan berumur 31 tahun itu ditemukan di aula rumah sakit di Kota Kolata, tempat dia magang.

Seorang pria yang bekerja sebagai relawan keamanan di RS itu menjadi tersangka dan telah ditangkap. Para aktivis perempuan menyebut tragedi tersebut semakin menunjukkan betapa kaum hawa di India terus mengalami kekerasan dan pelecehan seksual. 

Padahal, hukuman bagi para pelaku pemerkosa di negara itu telah diperketat, pascaperistiwa pemerkosaan pada 2012. Kala itu, seorang mahasiswi berusia 23 tahun diperkosa beramai-ramai di atas bus yang sedang melaju di New Delhi. Korban juga dibunuh para pelaku.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network