Mengenal Wu Zetian, Wanita Terkaya yang Hartanya Kalahkan Gabungan Harta Elon Musk dan Bezoz

Trisna Eka Adhitya
Wu Zetian atau dikenal dengan Permaisuri Wu menyandang gelar perempuan terkaya di dunia bahkan sepanjang masa dengan perkiraan kekayaan bersih Rp260 kuadriliun. (Foto: YouTube Biographics)

Sejarawan menggambarkan Permaisuri Wu sebagai penguasa cerdik dan kuat yang menggunakan berbagai strategi untuk mempertahankan dominasinya. Dia tidak ragu untuk menyingkirkan anak-anaknya sendiri demi mengamankan posisinya. 

Pemerintahannya, yang berlangsung sekitar 15 tahun, memperluas kekaisaran China secara signifikan hingga wilayah Asia Tengah. Perekonomian China saat itu berkembang pesat di bawah kepemimpinannya, dengan pertumbuhan substansial dalam perdagangan teh dan sutra dan catatan sejarahnya terdokumentasi dengan baik.

Wu Zetian bukan hanya sosok berpengaruh dalam sejarah Tiongkok, tetapi juga menjadi inspirasi bagi banyak orang. Kekayaan dan keberaniannya mengubah lanskap politik dan ekonomi pada masanya. 

Menurut laporan SCMP, Wu Zetian lahir di Provinsi Shanxi pada tahun 624 Masehi. Sedangkan  ayahnya adalah seorang pedagang kayu yang kaya. 

Pemerintahan Permaisuri Wu disebut sebagai salah satu pemerintahan yang penting secara historis. Dia mengubah masyarakat China dari yang didominasi oleh pejabat militer menjadi masyarakat yang dikendalikan oleh elit terpelajar. 

Hari ini, kita mengenangnya sebagai perempuan terkaya sepanjang masa dan pemimpin yang berani mengambil alih takhta. Pemerintahannya makmur dan kekayaan China, yang dikuasainya, tumbuh secara signifikan.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network