Peringati Hari Santri, PCNU Kabupaten Mojokerto Ikuti Apel Nasional

Trisna Eka Adhitya
Gus Barra saat membacakan resolusi jihad dalam apel serentak peringatan Hari Santri Nasional 2022 di halaman Kantor PCNU Kabupaten Mojokerto, Sabtu (22/10/2022). (Foto: istimewa)

MOJOKERTO, iNewsMojokerto.id - Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Mojokerto mengikuti arahan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dalam pelaksanan Apel Nasional Hari Santri 2022 secara serentak. Dalam acara yang diikuti jutaan santri di 528 titik yang tersebar di seluruh Indonesia itu, PCNU Kabupaten Mojokerto juga melaksanakan hal yang sama.

Terletak di Halaman Kantor PCNU Kabupaten Mojokerto, kegiatan ini digelar mulai 06.50 hingga 07.30 WIB. Secara virtual pula, ribuan peserta apel yang terdiri dari para ulama, para santri pondok pesantren, Banom-banom NU Kabupaten Mojokerto dengan seksama dan tertib dalam mengikuti proses rangkaian kegiatan apel yang dipusatkan di Ponpes Tebuireng Jombang.

Hadir dalam kegiatan itu, Ketua GP Ansor Kabupaten Mojokerto Dr H Muhammad Al Barra Lc M M hum atau Gus Barra dan Ketua PCNU Kabupaten Mojokerto, KH. Abdul Adzim Alwi. 

Gus Barra yang berkesempatan membacakan Resolusi Jihad Hari Santri 2022 itu, kepada para awak media menyampaikan, bahwa dia mengajak kepada semua umat muslim untuk jihad fisabilillah dalam membela tanah air, yang mana sudah terjadi penjajahan penindasan yang sangat luar biasa di Indonesia. Para ulama di Jawa dan Madura kemudian memerintahkan untuk jihad berperang melawan penjajah atau sekutu.

"Resolusi Jihad itu merupakan gerakan bagi para ulama dan santri di pondok pesantren dari berbagai penjuru Indonesia yang mewajibkan setiap muslim untuk membela Tanah Air dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari serangan penjajah," jelas Gus Barra yang juga sebagai Wakil  Bupati Mojokerto.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network