5. Dorong komunikasi di area umum.
Bisnis harus mengambil langkah-langkah untuk menciptakan ruang di mana karyawan dapat dengan mudah berkomunikasi dan berbagi ide. Percakapan santai di ruang istirahat bisa menjadi percakapan kolaboratif.
Hal ini bergantung bagaimana pimpinan tim membangun atmosfer di kantor. Tata ruang kerja yang nyaman pun bisa menjadi salah satu poin yang mendukung hal ini.
6. Buat jenjang karir yang jelas.
Memberikan dukungan pengembangan, seperti kesempatan pelatihan dan bimbingan karir kepada karyawan sangatlah penting. Hal ini berpengaruh pada kepercayaan karyawan ke perusahaan.
Jika hal ini dibicarakan dengan terbuka, karyawan berkesempatan berkompetisi secara sehat. Pada akhirnya ini akan menciptakan iklim kerja yang sehat pula.
7. Berikan contoh.
Kita tidak dapat meremehkan pentingnya berjalan ke kantor sebagai bos dengan senyum di wajah sebab itu berpengaruh kepada relasi dengan karyawan. Pemimpin memiliki peran untuk memastikan bahwa ia ikut berbagi perasaan positif yang sama kepada semua orang.
Editor : Trisna Eka Adhitya
Artikel Terkait