5 Nasehat Untuk Para Insomnia Dari Ahli Yoga, Nomor 2 Terkait Pencernaan

Nanda Alifya Rahmah
Insomnia adalah gangguan sulit tidur. (Foto: Ketut Subiyanto)

MOJOKERTO, iNews.id - Insomnia adalah masalah sulit tidur yang penyebabnya bisa berbagai macam hal. Stres, kesehatan, sampai kondisi ruang tidur yang tidak nyaman bisa menjadi pemicu seseorang mengalami insomnia.

Tim iNews melansir dari laman Sadhguru, seorang ahli yoga terkenal asal India. Inilah 6 nasihat untuk para penderita insomnia. 

Nasihat berikut bisa dipraktikkan untuk mengimprovisasi kualitas tidur.

1. Mandilah sebelum tidur

Nasihat pertama adalah terkait dengan pembersihan diri. Mandi dimaksudkan untuk membersihkan tubuh dari kuman dan kotoran seharian.

Menurut Sadhguru, ini baik dijadikan kebiasaan rutin sebelum tidur. Tidak hanya manfaat fisik, mandi juga bisa memberi manfaat bagi mental.

2. Jangan langsung tidur sesaat setelah makan

Tidak hanya berkaitan dengan tidur, langsung tidur sesaat setelah makan berefek buruk bagi tubuh secara keseluruhan. Sebab tidur semestinya menjadi momen di mana organ beristirahat.

Beri jeda tiga hingga empat jam. Penting pula untuk dicatat, satu-satunya yang baik dikonsumsi sebelum tidur adalah air putih. 

3. Nyalakan lampu minyak organik

Lampu sumbu kapas adalah pilihan terbaik dan aman. Gunakan minyak biji rami, minyak dedak padi, minyak wijen, minyak zaitun, atau minyak organik lainnya dengan sumbu kapas. Cahaya api kecil tersebut akan mendukung kenyamanan suasana dan membuat pikiran rileks.

4. Renungkan bahwa waktu itu terbatas

Maksudnya, sadari bahwa tidak ada cukup waktu untuk memikirkan semua hal. Batasi pikiran untuk menyimpan hal-hal baik dari keseharian. 

Termasuk untuk merancang apa yang diperlukan esok hari. Pikiran positif  menjelang tidur penting untuk memberi sugesti bagi alam bawah sadar. 

5. "Letakkan" segalanya 

Manfaatkan tiga menit menjelang tidur untuk 'meletakkan' semua hal: tubuh, isi pikiran, dan hal-hal kecil. Hal ini berlaku untuk hal-hal konkret maupun abstrak yang dimiliki.

Mimpi, harapan, target dan hal-hal semacam itu. Katakan pada diri sendiri bahwa semua hal itu akan dikerjakan besok. Dan kini, saatnya beristirahat.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network