get app
inews
Aa Read Next : Ning Ita Dapat Dukungan 7 Parpol Non Parlemen Untuk Maju Pilwali 2024

Hari Lahir Sang Proklamator Dan Kota Mojokerto Sebagai Kawah Candradimuka Soekarno Kecil

Senin, 06 Juni 2022 | 18:08 WIB
header img
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari saat meresmikan kegiatan Bulan Bung Karno di SDN Purwotengah. (Foto: Trisna Eka Adhitya)

MOJOKERTO, iNews.id - Tanggal 6 Juni merupakan salah satu tanggal yang spesial bagi Bangsa Indonesia. Pasalnya, di tanggal ini, Proklamator RI Ir. Soekarno dilahirkan pada tahun 1901 lalu. 

Dari buah pemikirannya pula terlahir sebuah bangsa besar bernama NKRI. Perjalanan Soekarno hingga menjadi sosok penting bagi bangsa ini tentunya tak lepas dari bagaimana pendidikan yang ditempuhnya semasa kecil. 

Di masa kecilnya, Soekarno kecil pernah hidup di Kota Mojokerto. Dua sekolah pun pernah disinggahi sang proklamator selama 8,5 tahun dan menjadi kawah candradimuka Soekarno kecil.

Seperti di Twede Inlandshe School (TIS) yang saat ini berubah nama menjadi SDN Purwotengah. Di tempat ini, Soekarno kecil (Koesno) menempuh pendidikan dasarnya.  Kemudian berlanjut ke jenjang selanjutnya di Europesche Legore School (ELS) yang sekarang menjadi SMPN 2 Kota Mojokerto. 

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari pun merasa sosok Bung Karno merupakan sosok sejarah yang perlu dikenang keberadaannya. Oleh karenanya, pelestarian peninggalan jejak Bung Karno semasa berada di Kota Mojokerto perlu dilestarikan. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut