get app
inews
Aa Read Next : Inisiatif Pribadi, Ning Ita Ajak Anak Yatim dan Disabilitas Buka Bareng di Rumah Rakyat

Program KUBE Ning Ita Mulai Dirasakan Masyarakat

Senin, 25 April 2022 | 18:10 WIB
header img
Camat Magersari Kota Mojokerto Soegeng Rijadi Prajitno

MOJOKERTO, iNews.id  - Upaya Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari (Ning Ita) mendongkrak ekonomi masyarakat melalui program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) mulai menuai hasil. Hal ini karena program tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Camat Magersari Kota Mojokerto Soegeng Rijadi Prajitno melakukan monitoring dan evaluasi (monev) ke sejumlah KUBE di kelurahan Balongsari. Dengan didampingi lurah, ada tiga KUBE yang dikunjungi, yakni KUBE perikanan lele, KUBE pertanian sayuran, dan KUBE peternakan ayam.

“Untuk KUBE perikanan lele sudah mulai membuahkan hasil. Jika sebelumnya bibit lele merupakan bantuan dari pemerintah, kini mereka sudah mampu beli sendiri. Bahkan sudah ada pemasukan untuk mendongkrak perekonomian keluarga,” ujar Soegeng.

Menurutnya, banyak masyarakat yang tertarik untuk mengikuti program KUBE. “Nanti kita koordinasi dengan dinas terkait. Kalau camat dan lurah kan hanya sebagai fasilitator dan sebatas melakukan monev,” ujarnya.

Demikian halnya dengan KUBE pertanian sayuran. Hasil dari menanam sayuran ini sebagian digunakan sendiri untuk dimasak dan sisanya dijual. “Jika sebelumnya hanya mendapat bantuan tiga macam bibit sayuran, kini mereka mengembangkan dengan menanam lombok dan sayuran lainnya. Bibitnya cari sendiri,” ungkapnya.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut