get app
inews
Aa Text
Read Next : Pulang sekolah, Bocah SD Tewas Tertabrak Kereta Sancaka di Mojokerto

612 Kereta Baru INKA Siap Operasi, KAI Perkuat Layanan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026

Minggu, 30 November 2025 | 09:25 WIB
header img
612 Kereta Baru INKA Siap Operasi, KAI Perkuat Layanan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026. Foto: iNewsMojokerto/Dok

JAKARTA, iNewsMojokerto.id - Hingga November 2025, seluruh 35 trainset Stainless Steel New Generation (SSNG) produksi PT INKA telah hadir, terdiri dari 612 unit kereta penumpang, kereta makan, dan kereta pembangkit. Kehadiran sarana baru ini meningkatkan kapasitas pelayanan KAI sekaligus memperkuat kesiapan menghadapi proyeksi lonjakan permintaan pada masa Natal 2025 dan Tahun Baru 2026.

Direktur Utama KAI Bobby Rasyidin mengungkapkan bahwa penguatan sarana menjadi elemen penting dalam mendukung perjalanan akhir tahun.

“Kehadiran 35 trainset baru ini memperkuat kesiapan operasional kami. Sarana yang lebih modern dan andal ini kami hadirkan agar pelanggan merasakan kualitas layanan yang lebih baik selama masa Nataru,” ujar Bobby dikutip iNews.id, Minggu (30/11/2025).

Rangkaian SSNG hadir dalam kelas Eksekutif dan Ekonomi dengan peningkatan desain interior, fasilitas pendukung, serta teknologi pengoperasian. Trainset ke-34 direncanakan menjadi pengganti sarana untuk KA Turangga dan KA Argo Wilis sehingga kualitas layanan pada rute jarak jauh favorit pelanggan tetap terjaga selama masa libur akhir tahun.

Kesiapan sarana tersebut selaras dengan proyeksi kenaikan mobilitas. Tahun ini KAI Group menyediakan 49.635.448 tempat duduk, meningkat 8,9 persen dibanding tahun sebelumnya, serta mengoperasikan 40.493 perjalanan kereta api. Untuk memberi lebih banyak pilihan perjalanan, KAI menambah 54 perjalanan KA Antarkota per hari pada lintas dengan kebutuhan tertinggi.

Hingga pada Sabtu (29/11/2025) pukul 09.00, pemesanan tiket Angkutan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 menunjukkan perkembangan positif. Dari total kapasitas 3.506.104 tempat duduk, sebanyak 715.950 tiket telah terjual atau 20,4 persen.

Minat pelanggan juga terlihat pada program tiket diskon 30 persen. Dari 1.509.080 tempat duduk yang tersedia, 243.057 tiket telah dipesan atau 16,3 persen. Tren ini menunjukkan meningkatnya minat masyarakat untuk melakukan perjalanan dengan kereta api seiring mendekatnya masa libur akhir tahun.

Vice President Corporate Communications KAI Anne Purba menambahkan bahwa berbagai penguatan dilakukan agar pelanggan merasakan peningkatan layanan secara menyeluruh.

Modernisasi sarana, peningkatan keandalan operasional, dan penguatan layanan pelanggan adalah upaya PT KAI untuk menjaga kenyamanan dan kelancaran perjalanan pada periode puncak mobilitas masyarakat.

“KAI berkomitmen menjaga perjalanan Nataru tahun ini tetap lancar, aman, dan nyaman bagi seluruh pelanggan. Kami berharap masyarakat dapat menikmati pengalaman bepergian yang lebih baik melalui layanan yang terus ditingkatkan,” ujar Anne.

Editor : Zainul Arifin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut