get app
inews
Aa Read Next : Jumlah Korban Gaza Terus Bertambah, Sudah Ada 4.651 Orang Palestina Meninggal

Presiden Prancis Yakin Perang Rusia Vs Ukraina Tak Cepat Selesai

Selasa, 08 Maret 2022 | 06:54 WIB
header img
Presiden Prancis Emmanuel Macron. (Foto: reuters)

PARIS, iNews.id - Presiden Prancis Emmanuel Macron meyakini invasi Rusia ke Ukraina tidak akan berhenti dalam waktu dekat. Permintaan Rusia yang dinilai sulit untuk dikabulkan Ukraina menjadi hal yang memicu perang ini berpotensi akan semakin meningkat. 

"Saya melihat situasi secara realistis dan saya pikir dalam jangka pendek, perang kemungkinan besar akan terus berlanjut," kata Macron.

Macron yang belakangan intens berbicara dengan Presiden Rusia Vladimir putin juga mengatakan, Tuntutan Rusia kepada Ukraina yang sulit dikabulkan menjadi hal yang berpotensi meningkatkan tensi diantara kedua negara.

"Diskusi dengan Presiden Putin rumit karena dia menolak menghentikan serangan saat ini. Posisi Rusia saat ini adalah menuntut syarat yang sangat sulit kepada Ukraina. Ini adalah negosiasi antara Ukraina dan Rusia, tapi mereka melakukan agresi yang sangat tidak adil, persyaratan di mana Prancis tidak akan ikut campur," kata Macron.

Dia menambahkan, pembicaraan antara Rusia dan Ukraina memungkinkan untuk tidak membawa dampak yang signifikan untuk perdamaian kedua negara. Namun ia mengaku masih berusaha untuk memberikan solusi untuk perdamaian dengan melihat situasi di lapangan. 

"Saya tidak berpikir akan ada solusi negosiasi yang nyata dalam beberapa hari dan beberapan pekan mendatang, tapi saya masih punya harapan untuk itu. Kami melakukan segala upaya untuk memfasilitasinya. Ini bergantung pada kedua pihak, tapi juga bergantung pada situasi di lapangan," ujarnya. 

Di saat bersamaan, Prancis, Jerman dan negara Eropa lainnya melakukan segala upaya untuk menghindari perang berlanjut. 

Menurut Macron, sanksi terbaru untuk Rusia akan segera diberlakukan. Dia juga akan berbicara dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz serta Presiden China Xi Jinping hari ini.

China dianggap punya peran besar untuk bisa menghentikan serangan Rusia ke Ukraina. Sebagai anggota Dewan Keamanan PBB, China memikul tanggung jawab atas perkembangan global dan menggunakan pengaruh kedekatannya dengan Rusia untuk mencegah kondisi terburuk di Ukraina.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut