get app
inews
Aa Read Next : Dukung Potensi Wisata Kota Lama Surabaya, PTPN I Regional 4 Buka Pameran Fotografi

Unik, Ratusan Warga Jombang Berebut Gunungan Buah Jambu Gondangmanis di Acara Sedekah Desa

Senin, 16 September 2024 | 12:14 WIB
header img
Ribuan warga memperebutkan gunungan buah jambu darsono di Festival Jambu Gondangmanis, Senin (16/9/2024). (Foto: Zainul Arifin)

JOMBANG, iNewsMojokerto.id - Ratusan warga saling berebut buah jambu produk khas dari desa Gondangmanis, Bandarkedungmulyo, Jombang yang disuguhkan dalam bentuk tumpeng gunungan raksasa yang berisi 4 ton buah jambu "Darsono".

Aksi saling berebut gunungan buah jambu itu merupakan acara sedekah desa. Warga yang datang tidak hanya dari Jombang. 

Banyak juga warga dari Kabupaten Nganjuk dan Kediri. Tiba saat gunungan jambu bisa dinikmati, ratusan warga merangsek untuk memperoleh buah jambu manis yang disediakan untuk dinikmati bersama.

Suasana semakin meriah ketika warga mulai berebut jambu yang tersusun rapi di tumpeng besar setinggi hampir tiga meter. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak hingga orang tua turut serta dalam keseruan itu. Mereka berusaha mengumpulkan jambu sebanyak mungkin untuk dibawa pulang sebagai simbol keberkahan.

Salah satu warga Desa Gondangmanis, Darfin Intan mengungkapkan, gunungan jambu yang menjadi bagian dari acara sedekah desa merupakan acara yang dinantikan warga setiap tahunnya. Selain menghadirkan keseruan, ia juga percaya jika dalam setiap buah yang didapat terdapat keberkahan.

"Acaranya seru, bikin suka. (Dapat) buah ini mau dibawa pulang, dimakan bareng sama keluarga," ujar Darfin usai mengikuti aksi saling berebut jambu Gondangmanis.

Sementara itu, Kepala Desa Gondangmanis Kecamatan Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang Lukman Hakim menyampaikan bahwa acara sedekah desa bertajuk Festival Jambu Gondangmanis merupakan puncak perayaan panen buah jambu di desanya.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut