get app
inews
Aa Read Next : Mundjidah dan Sumrambah Minta Restu Keluarga Para Pendiri NU Jelang Pilkada Jombang 2024

Ratusan Kiai Bertemu di Pesantren Tebuireng Jombang, Sepakat Minta PBNU Benahi PKB

Selasa, 13 Agustus 2024 | 11:45 WIB
header img
Ratusan Kiai Bertemu di Pesantren Tebuireng Jombang Minta PBNU Benahi PKB. Foto iNewsMojokerto/zainul

Sayangnya, saat ini fungsi Dewan Syuro telah dikebiri di PKB. Padahal dewan Syuro harusnya menjadi penentu utama partai. “Dulu sama dengan NU mala calon ketua dewan tanfidz harus seizin dewan Syuro. Tapi sekarang ketua dewan tanfidz penunjukan DPP yang dalam hal ini Ketua Umum,” ujarnya.

Keputusan organisasi harusnya juga sama dengan NU yakni harus ada tandatangan empat orang Ketua Dewan Syuro, Selretaris Syuro dan Ketua Dewan Tanfidz serta sekretaris Tanfidz. Tapi sekarang dewan Syuro tidak lagi harus tandatangan di PKB.

Sementara itu, para kiai yang hadir di Tebuireng Jombang tersebut juga mengungkapkan beberapa fakta PKB memang sudah terlalu jauh meninggalkan NU. “Padahal dulu kami di bawah mendirikan PKB itu musuhnya kader partai lain dan diancam carok. Tapi kini mereka seakan tidak lagi butuh NU,” kata Rais Syuriah PCNU Kraksaan.

Sementara itu, di tempat terpisah yakni di Hotel Yusro Jombang puluhan anggota Dewan Syuro dan mantan Dewan Syuro PKB se Jawa juga berkumpul. Mereka berkumpul dan ditemui langsung oleh KH Amin Said Husni. Mereka mengadu ke PBNU karena selama ini peran Dewan Syuro di PKB seakan ditiadakan.

“Saya bicara dan ngobrol dengan teman-teman dewan syuro di Jabar. Kamis hanya berfungsi pengawasan dan terbatas,” kata Wakil Ketua Dewan Syuro PKB Cirebon, Lutfi Andalusie.

Karenanya, bersama puluhan anggota dewan Syuro lainnya, Lutfi mengadu ke PBNU dan berharap segera ada perbaikan di PKB. “Kami menginginkan PBNU mengambil langkah2 yang kongkrit langkah itu misalnya mengadakan” kata Lutfi.

Hasil dari pertemuan Tebuireng Jombang dan pertemuan di Hotel Yusro Jombang selanjutnya akan disampaikan untuk dibawa ke pengurus besar Nahdlatul Ulama.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut