get app
inews
Aa Read Next : Konferwil ke 18 di Jombang, KH Abdul Hakim Mahfudz Terpilih Sebagai Ketua PWNU Jatim 2024-2029

Gus Kikin Ketua PWNU Jawa Timur 2024-2029, Keturunan Pondok Besar di Jombang dan Kediri

Senin, 05 Agustus 2024 | 13:04 WIB
header img
Ketua PWNU Jatim 2024-2029, KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin. (Foto: Zainul Arifin)

JOMBANG, iNewsMojokerto.id - Ketua Tanfidziah PWNU Jatim 2024-2029, KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin adalah pengasuh pondok pesantren Tebuireng ke-8 melanjutkan kepengasuhan Pesantren Tebuireng setelah KH Solahudin Wahid atau Gus Sholah wafat.

Diketahui Gus Kikin juga dzuriah atau keturunan dari beberapa pondok besar di Jombang dan Kediri. Selain cicit pendiri NU KH Hasyim Asy'ari, Gus Kikin juga dari keluarga pondok pesantren Paculgowang Jombang dan Lirboyo, Kediri.

Informasi dihimpun, Gus Kikin lahir di Jombang, Minggu 17 Agustus 1958. Ia putra pasangan dari almarhum KH. Mahfudz Anwar dan Hj Abidah Ma'shum. Ayah Gus Kikin ialah pendiri pondok pesantren Sunan Ampel Jombang.

Gus Kikin cicit Kiai Hasyim Asyari dari garis ibunya Abidah Ma'shum yang merupakan anak dari Nyai Hj Khoiriyah Hasyim, putri sulung Hasyim Asy'ari yang diperistri oleh KH Ma'shum Ali ahli Falak atau kakak kandung KH Adlan Ali Cukir, Jombang.

Sementara dari ayahnya, Mahfudz Anwar adalah anak dari K.H. Anwar Alwi pendiri Pondok Pesantren Tarbiyatun Nasyi'in Paculgowang, Jombang. Dari jalur Anwar Alwi ini, Gus Kikin merupakan sepupu dari KH Anwar Manshur, Pengasuh Tertinggi Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin, Lirboyo, Kediri.

Gus Kikin memiliki istri Hj Lelly Lailiyah. Dua orang anaknya Dewi Azroati dan Yusuf Adnan. Sejak 2020, Gus Kikin melanjutkan kepengasuhan Pesantren Tebuireng Jombang setelah Gus Sholah wafat.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut