get app
inews
Aa Read Next : Rusia dan Korut Semakin Mesra, Ada Jadwal Kunjungan Dalam Waktu Dekat

Fakta Tersembunyi Kenapa Russia Jadi Negara Kuat, Ternyata Presidennya Suka Olah Raga Ini

Rabu, 23 Februari 2022 | 21:59 WIB
header img
Presiden Russia Vladimir Putin

Mojokerto, iNews.id - Dibalik tampangnya yang gagah, ternyata Presiden Russia sangat menyukai olah raga, khususnya olah raga bela diri. dari hobbynya ini pula yang menyebabkan Mix Martial Art (MMA) berkembang pesat di Russia.  

Dalam dekade terakhir, MMA telah berkembang dari olahraga pinggiran menjadi olahraga mainstream. Ini terjadi di banyak negara di seluruh dunia, terutama di Rusia. Sekarang ada sekitar 200 petarung profesional dan ribuan petarung amatir lainnya.

Banyaknya petarung MMA di Russia ternyata tak lepas dari peran sang pemimpinnya Presiden Vladimir Putin yang ternyata sangat menyukai olah raga bela diri. Bahkan Putin memiliki sabuk hitam judo serta memiliki skill tinju yang cukup mumpuni. Selain itu, Putin juga masih memiliki hobby olah raga yang lain. 

Berikut ini bidang olahraga yang digemari dan dikuasai oleh Vladimir Putin:

1. Judo

Sama seperti tinju, seni bela diri judo juga menjadi salah satu olahraga kegemaran Presiden Vladimir Putin sejak masih usia muda. Bahkan Putin sudah menekuni olahraga judo sejak dia masih berusia 11 tahun. 

Puluhan tahun menekuni olahraga judo membuat skill judonya diatas rata-rata dan pada tahun 2012 Putin bahkan meraih sabuk hitam judo di usianya yang menginjak 60 tahun. 

Karena kegemarannya terhadap olahraga judo inilah Putin kerap terlihat berlatih bersama atlet judo Rusia dan seringkali melakukan sparring. Tidak heran kalua judo merupakan salah satu olahraga unggulan di Rusia yang kerap menyumbang medali emas di ajang olimpiade.

2. Tinju

Diantara semua jenis olahraga yang digemari oleh Vladimir Putin, tinju adalah merupakan salah satu olahraga yang paling spesial bagi Putin. Tinju adalah olahraga pertama yang dilakukan Putin jauh sebelum dia menekuni olahraga lain. 

Tidak heran apabila Putin dikenal sangat dekat dengan petinju-petinju Rusia karena seringnya berkunjung ke markas latihan mereka. Bukan hanya dekat dengan petinju Rusia saja, Putin dikenal juga dekat dengan komunitas tinju dunia hingga dia diberi hadiah sarung tinju berlian. 

Walaupun Putin sangat menggemari tinju dan pernah terlibat dalam pertandingan tinju tapi dia memutuskan tidak melanjutkan hobinya yang satu ini dikarenakan pernah cedera patah tulang hidung pada saat bertarung tinju. 

Cedera inilah yang menjadi akhir petualangan putin untuk menekuni olahraga tinju. Walapun sudah tidak pernah lagi menekuni olahraga tinju akan tetapi Putin tetap menjadi orang nomer satu yang mendukung para petinju Rusia untuk berprestasi di level internasional.

3. MMA

Selain tinju dan judo, MMA juga merupakan salah satu olahraga beladiri yang digemari oleh Presiden Vladimir Putin meskipun dia sendiri tidak melakukan olahraga ini. 

Seringkali Putin terlihat menghadiri pertarungan MMA di Rusia maupun di level internasional yang diikuti oleh petarung asal Rusia. 

Seperti pada saat Putin menghadiri kompetisi MMA di Kota Sochi, Rusia, yang merupakan menjadi tamu kehormatan sekaligus yang memberikan sabuk juara kepada para pemenang. 

Bukan hanya itu, Putin juga merupakan sosok yang menghargai petarung MMA Rusia yang mengharumkan negaranya di level internasional. 

Khabib Nurmagomedov contohnya, saat berhasil menjadi juara dunia kelas ringan UFC dengan mengalahkan Conor McGregor, Putin secara khusus mengundang Khabib dan ayahnya untuk berbincang dengannya sebagai bentuk apresiasi. 

Dalam perbincangan tersebut Putin juga membela Khabib yang akan dihukum oleh ayahnya karena terpancing emosi setelah duel melawan McGregor hingga terjadi kericuhan pasca pertandingan. 

Dengan sedikit bercanda Putin meminta ayah Khabib untuk tidak menghukum anaknya tersebut karena Khabib telah mengahrumkan nama negaranya.

4. Sepak bola

Selain beberapa cabang olahraga beladiri tadi, sepak bola juga merupakan olahraga yang menjadi perhatian Vladimir Putin. Sama seperti MMA, Putin juga kerap terlibat dalam event sepak bola dan menjadi sosok penting dalam suksesnya event penyelenggaran Piala Dunia 2018 di Rusia. 

Dalam kompetisi local sepak bola Rusia, Putin menjadi penggemar salah satu klub besar Rusia yakni FC Zenit Saint Petersburg. Klub yang telah 8 kali menjuarai Liga Rusia inilah klub satu-satunya yang ada di hati Vladimir Putin
 
Itulah tadi antusiasme Presiden Rusia Vladimir Putin di beberapa bidang olahraga terutama bela diri.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut