get app
inews
Aa Read Next : Fenomena Komeng Terpilih Anggota DPD RI, Foto Berbeda Pancing Pemilih!

Lia Istifhama Taruh Perhatian Serius Soal Keamanan Siber

Rabu, 26 Juni 2024 | 20:16 WIB
header img
Anggota DPD RI terpilih Lia Istifhama taruh perhatian besar terhadap kejahatan siber. (Foto: istimewa)

Tak hanya WhatsApp miliknya sendiri, akun instagram relawan pun mengalami hal yang tidak menyenangkan.

“Instagram saya dan relawan juga pernah mengalami shadow blokir. Hal ini mengingatkan kita pada yang dialami artis Tengku Dewi Putri tatkala ia membuka kasus perselingkuhan suaminya,” ungkapnya.

Parahnya, runtutan kejadian cyber crime semakin ganas mengincar akun googlenya. Ia menuturkan pada tanggal 20 Juni 2024 akun google pribadinya yakni liaistifhama@gmail.com, diretas. 

Ia baru menyadari kalau akun googlenya diretas setelah akun itu log out dari perangkat selulernya. Padahal, kata Lia, ia telah memakai autentifikasi dua faktor. 

“Dan hacker ini memang canggih sekali. Terbukti ia bisa mematikan semua autentifikasi dua faktor yang seharusnya muncul di perangkat HP, mengubah sandi, mengubah nomer telpon dan email pemulihan. Semua mereka ubah tanpa ada history di email. Karena kebetulan melalui layar perangkat HP, saya masih bisa membaca email tapi hanya mode membaca. Tidak bisa menulis apapun karena terkunci,” urainya. 

Hingga saat ini, masih muncul notifikasi perubahan sandi sejak akun itu dikuasai hacker. Ning Lia, sapaan akrab Lia Istifahma mengungkapkan, ia hanya bisa membaca notifikasi yang masuk tanpa bisa melakukan apapun.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut