get app
inews
Aa Read Next : Ngabuburit Ala Kapolresta Mojokerto Kota, Gowes Sapa Jemaah Gereja Sambil Patroli Gajah Mada

Keseruan Perayaan Unduh-unduh Umat Kristiani di Kota Santri Jombang, Hasil Panen Diarak Keliling

Minggu, 12 Mei 2024 | 17:02 WIB
header img
Keseruan Perayaan Unduh-unduh Umat Kristiani di Kota Santri Jombang, Hasil Panen Diarak Keliling. Foto iNewsMojokerto/zainul

JOMBANG, iNewsMojokerto.id - Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) Jemaat Mojowarno Jombang mempunyai tradisi unik untuk mensyukuri kekayaan mereka, namanya tradisi unduh-unduh. Setiap tahun, tradisi ini digelar di halaman gereja dengan meriah.

Seperti hari ini, Minggu (12/5/2024). Meskipun diinisiasi oleh umat kristiani, namun pelaksanaan tradisi Unduh-unduh jemaat salah satu gereja tertua di Jawa Timur tersebut melibatkan seluruh lapisan masyarakat. Sikap toleransi antar umat beragama di wilayah itu cukup tinggi.

Ribuan masyarakat turut membaur dalam perayaan Unduh-unduh tersebut. Warga memadati jalan menyaksikan langsung berbagai hasil panen bumi seperti padi, sayur-sayuran, dan buah-buahan dihias di atas gerobak besar yang diarak dari gereja keliling kampung.

Tidak hanya hasil bumi berbagai hewan ternak turut diarak keliling. Ada tujuh blok unduh-unduh yang diarak. Yakni Blok Mojotengah, Blok Mojowarno, Blok Mojojejer, Blok Mojowangi, Blok Mojodukuh, Blok Mojoroto atau dari enam dusun di desa itu dan ditambah satu dari blok Rumah Sakit Kristen (RSK) Mojowarno.

Arak-arakan hasil panen juga diselingi budaya kesenian jaranan dan tarian remo sebagai wujud syukur sekaligus melestarikan budaya. Sejumlah jemaat juga tampak menggunakan pakaian-pakaian khas jawa (seperti udeng, kebaya, konde, sarung, batik), ada pula yang menggunakan kostum khas unduh-unduh.

"Perayaan Unduh-unduh seperti ini setiap tahun diadakan sebagai persembahan rasa syukur kami atas hasil panen," kata salah satu jemaat, Rudi, Minggu (12/5/2024).

Informasi yang dihimpun, tradisi perayaan unduh-unduh berasal dari kata mengunduh atau memetik. Tradisi ini digelar saat musim petik atau musim panen setiap tahun, sudah berlangsung sejak Mei 1939 silam.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut