get app
inews
Aa Read Next : Lima Perusahaan di Jombang Terima Penghargaan PWI di Malam Resepsi HPN 2024, Ini Daftarnya

Siap Berangkat 27 Mei, 1.169 Calon Jamaah Haji Jombang Belajar Tawaf dan Lempar Jumrah

Sabtu, 04 Mei 2024 | 20:22 WIB
header img
Sebanyak 1.169 Calon Jemaah Haji Jombang Belajar Tawaf dan Lempar Jumrah. Foto iNewsMojokerto/zainul

JOMBANG, iNewsMojokerto.id - Sebanyak 1.169 calon jemaah haji yang akan berangkat ke Tanah Suci pada 27 Mei hari ini, Sabtu (4/5/2024) melaksanakan manasik di Alun-alun kabupaten setempat.

Pelaksanaan manasik massal yang terakhir itu dilakukan untuk peragaan para jemaah melakukan ibadah sesuai dengan rukun-rukun haji. Seluruh Jemaah tampak antusias mengikuti manasik meski terik matahari cukup menyengat.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Jombang Muhajir menegaskan, manasik praktik massal, dibimbing langsung oleh petugas haji dari kantor Kemenag setempat. Manasik diikuti oleh seluruh jemaah yang terjadwal berangkat ke tanah suci Mekkah tahun ini.

Dikatakan Muhajir, Manasik Haji merupakan upaya pemberian bekal materi seputar haji agar mereka lebih paham dalam melaksanakan ibadah haji di Mekkah.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian persiapan jemaah calon haji untuk menjalankan ibadah haji. Mereka mengikuti praktek secara keseluruhan. Mulai Wuquf di Arofah, Mabid di Muzdalifah, lempar jamrah di Mina, Thowaf Ifadhoh, Sa'i antara shtafa dan Marwah hingga berakhir dengan Tahalul," kata Muhajir 

Menurut Muhajir, dari pelatihan yang telah dilaksanakan dan diikuti, tentunya sudah cukup banyak pengetahuan dan pengalaman praktis yang telah diperoleh hingga secara fisik dan mental para calon jemaah haji telah siap untuk melakukan perjalanan dan melaksanakan ibadah haji.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut