get app
inews
Aa Read Next : Kisah Pengusaha Non Muslim Jombang, Bagikan Ratusan Paket Sembako Sejak 1993 Saat Ramadan

Ini Tata Cara Salat Lailatul Qadar dan Keutamaannya

Jum'at, 05 April 2024 | 23:29 WIB
header img
ilustrasi salat lailatul qadar. (Foto:Ist)

JAKARTA, iNewsMojokerto.id - Saat terjadinya malam Lailatul Qadar, umat muslim perlu mengetahui tata cara untuk salat 2 rakaat. Pasalnya, salat ini merupakan ibadah yang dianjurkan bagi umat muslim di bulan ramadan.

Pada bulan ramadhan umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadahnya.  Sebab, bulan Ramadhan menjadi waktu dimana Allah Subhanahu Wata'ala pertama kali menurunkan Al-Qur'an ke kepada Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam melalui Malaikat Jibril. 

Sebagaimana Allah Subhanahu Wata'ala berfirman dalam Al-Qur'an surat Al-Qadr ayat 1-5,

 إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ، وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ, لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ، تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ، سَلَامٌ هِيَ حَتَّىٰ مَطْلَعِ الْفَجْرِ

Artinya: "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar. (Q.S. al-Qadr [97]: 1-5)

Menurut situs Kemenag RI (Kementerian Agama), malam Lailatul Qadar akan terjadi di sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan. Dimana malam itu merupakan malam yang lebih baik dari 1000 bulan yang kemungkinan terjadi pada malam 21, 23, 25, 27, dan 29.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut