get app
inews
Aa Read Next : Kisah Pengusaha Non Muslim Jombang, Bagikan Ratusan Paket Sembako Sejak 1993 Saat Ramadan

Ini Tata Cara Salat Lailatul Qadar dan Keutamaannya

Jum'at, 05 April 2024 | 23:29 WIB
header img
ilustrasi salat lailatul qadar. (Foto:Ist)

JAKARTA, iNewsMojokerto.id - Saat terjadinya malam Lailatul Qadar, umat muslim perlu mengetahui tata cara untuk salat 2 rakaat. Pasalnya, salat ini merupakan ibadah yang dianjurkan bagi umat muslim di bulan ramadan.

Pada bulan ramadhan umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadahnya.  Sebab, bulan Ramadhan menjadi waktu dimana Allah Subhanahu Wata'ala pertama kali menurunkan Al-Qur'an ke kepada Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam melalui Malaikat Jibril. 

Sebagaimana Allah Subhanahu Wata'ala berfirman dalam Al-Qur'an surat Al-Qadr ayat 1-5,

 إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ، وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ, لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ، تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ، سَلَامٌ هِيَ حَتَّىٰ مَطْلَعِ الْفَجْرِ

Artinya: "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar. (Q.S. al-Qadr [97]: 1-5)

Menurut situs Kemenag RI (Kementerian Agama), malam Lailatul Qadar akan terjadi di sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan. Dimana malam itu merupakan malam yang lebih baik dari 1000 bulan yang kemungkinan terjadi pada malam 21, 23, 25, 27, dan 29.

Seperti diketahui, malam Lailatul Qadar merupakan malam yang penuh dengan kemuliaan. Berbagai amalan disunnahkan untuk dilakukan, salah satunya sholat Lailatul Qadar.  Tata Cara Sholat Lailatul Qadar 2 Rakaat Melansir buku Rahasia Kedahsyatan Shalat Sunnah Setahun Penuh, karya Kamaluddin (2016), menjelaskan sholat Lailatul Qadar merupakan salah satu amalan ibadah yang dianjurkan di malam Lailatul Qadar. 

Berikut tata cara sholat Lailatul Qadar:  

Rakaat Pertama Sholat Lailatul Qadar 2 Rakaat

1. Melafalkan niat Lailatul Qadar 2 rakaat.

أُصَلِّى سُنَّةَ لَيْلَةِ الْقَدْرِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالٰى

Latin: "Ushalli sunnatan fi lailatul qadri rak'ataini mustaqbilal qiblati lillahita'ala"

Artinya: "Saya niat sholat sunah Lailatul Qadar dua rakaat dengan menghadap kiblat karena Allah Ta'ala."

2. Awali gerakan sholat dengan Takbiratul Ikhram.

3. Dilanjutkan dengan membaca doa iftitah.

4. Membaca surat Al-Fatihah dilanjutkan dengan membaca surah Al-Ikhlas sebanyak 7 kali.

5. Melakukan gerakan ruku'.  

7. Melakukan gerakan i'tidal.  

8. Melakukan gerakan sujud.  

9. Duduk diantara dua sujud dengan tuma'ninah

10. Sujud kedua dengan tuma'ninah

Rakaat Kedua Sholat Lailatul Qadar 

1. Membaca Surat Al Fatihah

2. Membaca Surat Al Ikhlas 7 kali

3. Rukuk

4. I'tidal

5. Sujud pertama

6. Duduk di antara dua sujud

7. Sujud kedua

8. Duduk tasyahud akhir

9. Mengucap salam dengan menoleh ke kanan dan ke kiri.

10. Membaca bacaan Istighfar أَسْتَغْفِرُ اللهَ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ Latin: Astaghfirullāha wa atūbu ilayhi.

 Artinya: "Aku memohon ampunan Allah dan aku bertobat kepada-Nya."

11. Membaca Doa للَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى Latin: “Allahumma innaka ‘afuwwun kariim tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii”

Artinya: “Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Mulia, Engkau Mencintai Pemaafan, maka maafkanlah aku.”

رَبَّنَآ ءَاتِنَا فِى ٱلدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى ٱلْءَاخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ ٱلنَّارِ Rabbana atina fiddunya hasanah, wa fil akhirati hasanah waqina ‘adzabannar.

Artinya: “Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami kebajikan di dunia dan kebajikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa api neraka.”

Kapan Waktu Sholat Lailatul Qadar?  Seperti sholat sunnah malam lainnya, sholat Lailatul Qadar dilaksanakan pada malam hari. Adapun, waktu mengerjakannya yakni pada pukul 20.30 malam (Setelah sholat Isya), hingga pukul 04.30 (Sebelum subuh).  

Keutamaan Sholat Lailatul Qadar

Keutamaan sholat Lailatul Qadar tercantum dalam kitab Khazinatul Asror, karya Syekh Muhammad Haqi an-Nazili, halaman 38. Disebukan dalam suatu hadits riwayat Ibn Abbas,

 عن ابن عباس عن النبي عليه الصلاة والسلام انه قال من صلي في ليلة القدر ركعتين يقرأ في كل ركعة بفاتحة الكتاب مرة والاخلاص سبع مرات فإذا سلم يقول استغفر اللـه واتوب إليه فلا يقوم من مقامه حتى يغفر الله له ولأبويه ويبعث الله تعالي ملائكة إلى الجنان يغرسون له الاشجار و يبنون القصورو يجرون الانهار ولايخرجون من الدنيا حتى يرى ذلك كله

Dari Nabi Muhammad SAW, bahwasannya beliau bersabda: “Barangsiapa yang menjalankan shalat pada malam lailatul qadar sebanyak 2 (dua) rakaat, di dalam setiap rakaatnya setelah membaca Al Fatihah (1) satu kali, kemudian membaca surat Al-Ikhlas 7 (tujuh) kali dan setelah salam membaca Astaghfirullahal azhim wa atubu ilaih 70 (tujuh puluh) kali, maka selama dia mendirikannya Allah akan mengampuni dirinya dan kedua orang tuanya dan Allah Ta’ala akan mengutus Malaikat untuk menanam (untuknya) pepohonan di Surga, membangun gedung-gedung dan mengalirkan sungai-sungai di dalamnya, dan dia ( orang yang menjalankan shalat lailatul qadar ) tidak akan keluar dari dunia sehingga dia pernah melihat seluruhnya. (HR. Ibnu Abbas). 

Demikianlah tata cara salat Lailatul Qadar. Semoga dapat menambah amalan ibadah kita di bulan Ramadan. 
 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut