get app
inews
Aa Read Next : Lima Perusahaan di Jombang Terima Penghargaan PWI di Malam Resepsi HPN 2024, Ini Daftarnya

Libur Lebaran 2024, Ribuan Santri Pesantren Tebuireng Jombang Mulai Mudik ke Kampung Halaman

Sabtu, 30 Maret 2024 | 19:39 WIB
header img
Ribuan Santri Pesantren Tebuireng Jombang Mulai Mudik ke Kampung Halaman hari ini. Foto iNewsMojokerto/ist

JOMBANG, iNewsSurabaya.id - Dua pekan sebelum lebaran idulfitri 1445 Hijriah, hari ini, Sabtu (30/3/2024), ribuan santri pondok pesantren Tebuireng Jombang Jawa Timur mudik ke kampung halaman masing-masing, setelah aktivitas di pesantren libur. 

Mereka pulang kampung secara bersama-sama dengan menumpang puluhan kendaraan bus yang difasilitasi oleh pihak pondok pesantren Tebuireng, Jombang. Para santri dilepas kepulangannya dari area parkir makam Gus Dur (KH Abdurrahman Wahid).

Dengan ucapan basmalah, pengasuh pesantren Tebuireng KH Irfan Yusuf Hasyim didampingi para pengurus melepas keberangkatan "Mudik Bareng Pesantren Tebuireng” itu dengan tujuan berbeda-beda.

"Ada 59 armada bus yang mengantar santri pulang ke kampung halaman, tujuannya beda-beda,” kata mundir pondok pesantren Tebuireng, H. Lukman Hakim dikonfirmasi iNews.id Sabtu (30/3/2024) setelan melepas pemulangan ribuan santri.

Mudik bareng santri Pesantren Tebuireng Jombang itu memang dilakukan setiap tahun pada momen libur lebaran idulfitri. Lukman menyebut, pada hari ini ada sebanyak 5.000 santri Tebuireng yang mudik ke kampung halaman masing-masing.

“Jumlah santri mudik hari ini 5 ribu orang. Sebagian kecil ada yang dijemput orang tuanya. Jadi mereka pulang bersama keluarga,” kata Lukman.

Sementara, Kiai Irfan Yusuf mengatakan pihaknya sengaja mengkoordinir kepulangan santri ke rumah masing-masing agar orang tua lebih tenang. “Kalau jelang lebaran ini biasanya tranportasi umum agak susah, sehingga kita fasilitasi dengan armada bus,” ujarnya. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut