get app
inews
Aa Read Next : Bagi Bantuan Untuk Balita Stunting di Kota Mojokerto Terasa Spesial, Ini Sebabnya

Pemerintah Pastikan Rumah Rusak Akibat Gempa Tuban Dapat Bantuan, Simak Besarannya

Minggu, 24 Maret 2024 | 19:12 WIB
header img
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Suharyanto dilokasi. Foto iNewsMojokerto/ist

GRESIK, iNewsMojokerto.id - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto memastikan pemerintah telah menyediakan bantuan dana bagi rumah yang rusak. 

Untuk rumah rusak ringan, disediakan dana Rp15 juta. Untuk rusak sedang Rp30 juta dan rusak berat sebesar Rp60 juta. Untuk kategori rumah rusak ringan, sedang, maupun berat, sudah punya kriteria tersendiri. Untuk saat ini memang difokuskan kebutuhan logistik seperti air minum. 

“Nanti setelah tidak ada gempa susulan lagi kita akan masuk ke tahap rehabilitasi rekonstruksi seperti di daerah lain," katanya saat meninjau dampak gempa bumi di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik bersama Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur (Jatim) Adhy Karyono, Minggu (24/3/2024). 

Suharyanto pun meminta agar masyarakat tidak percaya kepada berita hoaks tentang bencana. Pasalnya, hal tersebut dapat menyebabkan kepanikan yang hanya akan mengganggu psikologi warga. 

"Dari segi ilmu pengetahuan menurut BMKG, gempa ini tidak berpotensi tsunami. Saya minta kepada rekan-rekan media juga tolong sampaikan informasi ini. Karena kemarin pada saat gempa hari Jumat, muncul foto-foto yang ternyata Gempa Cianjur tahun 2022," katanya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut