get app
inews
Aa Read Next : Dua Alasan Partai Juara Pemilu 2024 di Jombang Usung Kades Warsubi Bakal Calon Bupati

PKS Raih Hasil Positif di Jatim, Rebut 5 Kursi DPR dan 1 Fraksi di Provinsi

Selasa, 12 Maret 2024 | 13:43 WIB
header img
Ketua Umum DPW PKS Jatim Irwan Setiawan saat Rakorwil PKS Jatim, Sabtu (9/3/2024) lalu. (istimewa).

SURABAYA , iNewsMojokerto.id - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) meraih hasil positif pada Pemilu 2024 di Jawa Timur (Jatim). Selain berhasil menambah kursi DPR RI, partai Islam itu juga sukses meraih satu fraksi (lima kursi) di DPRD Jatim. 

Hasil tersebut jauh lebih baik dibanding pada Pemilu 2019. Ketua Umum DPW PKS Jatim, Irwan Setiawan, mengatakan, pada Pemilu 2019 PKS hanya mendapatkan dua kursi DPR RI. Sementara pada Pemilu 2024 mendapatkan lima kursi. 

Sedangkan untuk DPRD Jatim dari sebelumnya hanya empat kursi, kini tambah satu menjadi lima kursi. “Insya Allah di DPRD Jatim bisa satu Fraksi PKS,” ujarnya. 

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berjuang bersama PKS yaitu pengurus, anggota, dan para caleg serta mitra strategis dari berbagai kalangan. "Kami juga berterima kasih kepada masyarakat yang telah memilih PKS pada pemilu 2024," ujarnya. 

Irwan menambahkan, perolehan suara PKS juga mengalami kenaikan baik untuk pusat maupun provinsi. Bila pada tahun 2019 perolehan suara untuk DPR-RI sebanyak 862.840 suara, sekarang menjadi 1.129.863 suara. Ada kenaikan 267.023 suara. 

Perolehan suara provinsi juga mengalami kenaikan sebanyak 312.270 suara. Bila pada Pileg 2019 untuk DPRD Jatim ada 995.390 suara, sekarang menjadi 1.307.660 suara. 

Atas capaian tersebut, Irwan meminta kepada kader yang terpilih untuk tidak sombong. Sebaliknya, bagi yang targetnya belum tercapai juga tidak boleh putus asa. Sebab, baginya, semua sudah menjadi ketentuan Allah. 

"Mari kita lakukan evaluasi secara objektif dan terukur. Agar termotivasi untuk bersungguh-sungguh dan lebih giat lagi untuk memenangkan pemilu 2029. Termotivasi untuk bersabar, dan termotivasi untuk menyusun strategi yang lebih baik ke depan," ujarnya. 

Dalam Rakorwil itu juga dibahas persiapan menghadapi agenda Pilkada 2024 yang akan diselenggarakan Nopember mendatang. Ketua DPW Irwan Setiawan berharap agar gelaran Pilkada mendatang merupakan momentum bagi partai untuk pecah telor anggota menjadi kepala daerah. 

“Targetnya ada anggota yang menjadi kepada daerah dan Minimal 60 persen calon yang diusung menang di Pilkada se-Jatim nantinya,” ujar Irwan. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut