get app
inews
Aa Read Next : Pesantren Tebuireng Jombang Sembeli 27 Ekor Sapi Kurban untuk Masyarakat

Pesan Penting Kiai Tebuireng Jombang untuk Warga NU Selama Jalani Ibadah Puasa Ramadan

Senin, 11 Maret 2024 | 18:32 WIB
header img
Pengasuh Ponpes Tebuireng Putri sekaligus Ketua PCNU Jombang KH Fahmi Amrullah. Foto iNewsMojokerto/Zainul Arifin

JOMBANG, iNewsMojokerto.id - Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Putri, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, KH Fahmi Amrullah atau Gus Fahmi memberikan pesan untuk warga NU selama jalani ibadah puasa Ramadan 1445 Hijriah. 

Sedikitnya ada tiga pesan penting yang disampaikan Kiai Tebuireng ini untuk warga Nahdlatul Ulama (NU) pada momen bulan Ramadan tahun ini. 

Pertama, warga Jombang khususnya warga NU agar memasuki bulan Ramadan 1445 Hijriah ini dengan hati yang senang dan tenang. 

"Menghargai perbedaan yang terjadi di antara umat islam karena awal Ramadan tahun ini memang terjadi perbedaan, jadi tidak mempermasalahkan itu tetapi saling menghargai dan menghormati," kata Gus Fahmi kepada INews.id, Senin (11/3/2024). 

Sebagaimana diketahui, penetapan awal Ramadan pada tahun ini berbeda. Pemerintah menetapkan 1 Ramadan 1445 Hijriah pada Selasa (12/3/2024), sedangkan Muhammadiyah menetapkan awal puasa pada Senin (11/3/2024).

Kedua, dikatakan Gus Fahmi, hendaknya mengisi bulan Ramadan dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat misalnya kajian kajian. Seperti di pesantren ada pengajian kilatan dan sebagainya.

Seperti Ramadan sebelumnya, Ponpes Tebuireng mengadakan kegiatan kajian kitab-kitab klasik. Baik kitab peninggalan KH Hasyim Asy’ari maupun kitab-kitab Bukhari Muslim.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut