get app
inews
Aa Read Next : Lima Perusahaan di Jombang Terima Penghargaan PWI di Malam Resepsi HPN 2024, Ini Daftarnya

Sambut Nyepi, Umat Hindu di Kabupaten Jombang Tawur Agung dan Pawai Ogoh-Ogoh

Senin, 11 Maret 2024 | 10:59 WIB
header img
Pawai Ogoh-Ogoh sambut hari raya nyepi. Foto iNewsMojokerto/Zainul Arifin

JOMBANG, iNewsMojokerto.id - Menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1946, umat Hindu di Kabupaten Jombang Jawa Timur merayakan tradisi Tawur Agung dan Pawai Ogoh-Ogoh yang dipusatkan di Dusun Ganten, Desa Wonomerto, Kecamatan Wonosalam, Minggu (10/3/2024).

Tujuan utama dari Hari Raya Nyepi adalah memohon ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa, untuk menyucikan bhuana alit (alam manusia) dan bhuana agung (alam semesta).

Sedangkan Tawur Agung bertujuan untuk mengusir keburukan dari lingkungan sekitar dan kesejahteraan alam.

Makna pelaksanaan Tawur Agung ialah untuk membayar atau mengembalikan sari-sari alam yang telah diambil manusia selama memenuhi kebutuhan hidup. Pengembalian dilakukan dengan upacara yang ditujukan kepada para butha agar tidak mengganggu manusia.

Sedangkan, ogoh-ogoh berasal dari bahasa Bali yaitu ogah-ogah yang berarti mengguncang atau mewakili kejahatan manusia yang perlu dijauhkan dari manusia. Ogoh-ogoh merupakan suatu replika perwujudan roh jahat maupun sifat jahat yang diwujudkan dalam suatu bentuk patung atau boneka yang besar. 

Pj Bupati Jombang Sugiat mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1946 bagi umat Hindu. Semoga senantiasa memperoleh kebahagiaan dan kesejahteraan. Sugiat juga mengapresiasi hubungan antar umat beragama di Jombang yang berjalan harmonis dan rukun.

“Kita hidup bersama dalam keberagaman, menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan, dan membangun perdamaian bersama sebagai satu komunitas yang harmonis,’’ kata Sugiat saat memberangkatkan acara tersebut.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut