get app
inews
Aa Read Next : Lima Perusahaan di Jombang Terima Penghargaan PWI di Malam Resepsi HPN 2024, Ini Daftarnya

Tergerus Arus Sungai dan Longsor, Sejumlah Warga di Jombang Terancam Kehilangan Rumah dan Tanah

Sabtu, 09 Maret 2024 | 21:07 WIB
header img
Bangunan rumah warga terancam amblas tergerus air sungai Catakbanteng Jombang. Foto iNewsMojokerto /Zainul Arifin

JOMBANG, iNewsMojokerto.id - Sejumlah warga di Dusun Kebondalem Desa Kademangan, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang terancam kehilangan tanah dan rumahnya karena tergerus air. 

Mereka adalah warga yang tinggal di bantaran Sungai Catakbanteng desa setempat. Setiap musim hujan tiba menjadi momen yang bikin mereka cemas.

Luapan air sungai Catakbanteng menggerus tanah mereka hingga habis. Bahkan ada warga yang tanah dan bangunan amblas. Paling parah di RT 01 RW 04 Dusun Kebondalem desa setempat. 

"Banyak rumah yang terancam, ada sekitar 40 an. Bahkan juga ada tanah dan bangunan amblas mas," kata Irene salah satu warga yang rumahnya juga terdampak, ditemui di lokasi, Sabtu (9/3/2024). 

Aliran sungai Catakbanteng, menurutnya, kini sudah bergeser cukup jauh akibat tergerus. Warga yang tinggal di bantaran sungai ada yang terpaksa pindah, tinggal di rumah saudara, ke luar kota, atau pindah beberapa meter.

"Ini rumah sebelah saya sekarang tidak dipakai. Kondisinya retak dan membahayakan. Itu tanah warga, bukan milik sungai, ada suratnya," ucap Irene.

Ketua RT 01 RW 04, Dusun Kebondalem, Desa Kademangan, Sukendri membenarkan banyak tanah warga lingkungannya yang hilang akibat tergerus air. Beberapa rumah juga rusak dengan kondisi retak. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut