get app
inews
Aa Read Next : Lima Perusahaan di Jombang Terima Penghargaan PWI di Malam Resepsi HPN 2024, Ini Daftarnya

Warga yang Bertahan di Tengah Banjir Mulai Terserang Penyakit Gatal, Andalkan Bantuan Orang

Kamis, 07 Maret 2024 | 12:19 WIB
header img
Banjir di Desa Kademangan Kecamatan Mojoagung Jombang. Foto iNewsJombang/Zainul Arifin

JOMBANG, iNewsMojokerto.id - Genangan banjir yang merendam kawasan Dusun Kebondalem, Desa Kademangan Kecamatan  Mojoagung, Kabupaten Jombang tak membuat sejumlah warga setempat mengungsi ke tempat lain.

Sudah dua hari ini mereka memilih bertahan di rumah. Selama bertahan, sejumlah permasalahan mulai muncul. Selain berpotensi tinggi terserang penyakit, kebutuhan pokok sehari-hari mereka mulai menipis. Sebagian besar kini mengandalkan bantuan makanan yang datang dari para sukarelawan di dapur umum.

Banjir di Kademangan terjadi pada Rabu dini hari (6/3/2024). Banjir sempat surut, namun pada Kamis (7/3/2024) pukul 03.00 WIB dini hari air kembali naik ke permukiman warga. 

Dikatakan Salah satu warga Kebondalem Misteri (74), air yang naik ke permukiman warga imbas dari wilayah dataran tinggi Wonosalam diguyur hujan selama beberapa jam. 

"Air kiriman dari Wonosalam, sungai meluap ke permukiman warga. Saat ini ketinggian air di luar 1,30 meter dan di rumah sampai 60 centimeter," kata Misteri. 

Kondisi banjir di wilayahnya Kademangan, dikatakan Misteri, adalah rutinitas tahunan, sejak tahun 1979 silam. Dalam satu tahu, banjir bisa terjadi minimal 13 sampai 17 kali. 

Misteri mengatakan, selama bertahan di tengah kepungan banjir, sebagian besar mengandalkan bantuan makanan yang datang dari para sukarelawan. Kebutuhan air bersih untuk cuci baju, minum dan lainnya harus mencari ke kampung lain yang tidak terdampak banjir. 

"Untuk cuci baju, minum airnya minta ke kampung sana yang tidak kebanjiran. Belum ada (bantuan pemerintah). Ada makanan dari orang lain, relawan kasih makanan ke kami," katanya. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut