get app
inews
Aa Read Next : Istri Staf Kesekretariatan KPU Jombang Dilantik Jadi PPK, Kok Bisa? Begini Penjelasannya

Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Jombang Selesai Lebih Cepat, Ini yang Dilakuka KPU

Minggu, 03 Maret 2024 | 14:34 WIB
header img
Ketua KPU Jombang Abdul Wadud Burhan Abadi. Foto iNewsMojokerto/Zainul Arifin

Ia menjelaskan, lima kecamatan dilakukan pada hari pertama, kemudian delapan Kecamatan pada hari kedua dan hari ketiga. "Alhamdulillah berjalan dengan lancar dan keterbukaan dan selesai tepat waktu," ucap Burhan.

Setelsh selesai rekapitulasi suara ini, langkah KPU Jombang selanjutnya adalah akan menyampaikan logistik ke provinsi Jawa Timur.

"Selanjutnya KPU Jombang bersiap melaksanakan undangan KPU Provinsi untuk rekapitulasi," katanya. 

Sejauh ini, dikatakan Burhan, KPU Jombang sudah mempersiapkan rekapitulasi tingkat Provinsi. Ia pun berharap, bisa lancar sebagaimana rekapitulasi di tingkat kabupaten.

Ketua Bawaslu Kabupaten Jombang Dafid Budiyanto mengatakan ada beberapa persoalan selama proses rekapitulasi penghitungan perolehan suara berlangsung. Di antaranya persoalan SiRekap dan pemilih DPK (daftar pemilih khusus) ada perubahan. 

Sesuai mekanisme, ketika dalam rekapitulasi hasil penghitungan suara ditemukan ketidakcocokan dan keberatan dari saksi peserta pemilu maupun dari Bawaslu di forum rapat pleno, maka langsung dilakukan pembenahan.

"Catatan dari Bawaslu Jombang ada pemilih DPK ( daftar pemilih khusus) ada perubahan, dan ada beberapa juga perolehan suara yang dibetulkan baik DPR RI, DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten," kata dia.

Setelah rekapitulasi penghitungan perolehan suara tingkat Kabupaten ini rampung, Dafid menyebut, dilanjutkan persiapan rekapitulasi di tingkat Provinsi Jawa Timur.

"Bawaslu Jombang akan hadir juga bersama KPU Jombang untuk rapat Pleno KPU Provinsi Jawa Timur," tutupnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut