Logo Network
Network

Pemkab Jombang Terapkan Sistem Transaksi Non Tunai untuk Pemerintah Desa, Ini Alasannya

Zainul Arifin
.
Jum'at, 01 Maret 2024 | 18:09 WIB
Pemkab Jombang Terapkan Sistem Transaksi Non Tunai untuk Pemerintah Desa, Ini Alasannya
Launching siskeudes non-tunai Pemkab Jombang. Foto iNewsMojokerto/Zainul Arifin

JOMBANG, iNewsMojokerto.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang menerapkan sistem transaksi nontunai bagi pemerintah desa. Penerapan sistem tersebut setelah Pj Bupati Sugiat melaunching pada Kamis (29/2/2024). 

"Saya menyambut baik dimulainya langkah besar penerapan transaksi non tunai guna meningkatkan efisiensi dan transparansi pengelolaan keuangan desa," kata Sugiat. 

Dikatakan Sugiat, sistem itu untuk memberikan kemudahan dalam pengelolaan dan pelaporan keuangan desa. Dan ini menjadi bukti dari keseriusan dan komitmen Pemerintah Daerah selaku Pembina dan Pengawas Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, dalam upaya mewujudkan pengelolaan keuangan desa yang lebih akuntabel.

"Hal ini akan berdampak pada pemenuhan nilai indikator capaian MCP KPK mencapai nilai sempurna, untuk indikator tertib Pengelolaan Keuangan Desa di tahun 2024," katanya.

Ia juga mengingatkan bahwa diperlukan komitmen bersama baik Operator Desa, Kepala Desa dan para Camat untuk berkomitmen dan bertanggungjawab dalam pengoperasian aplikasi ini.

"Karena secanggih apapun suatu aplikasi dibuat, apabila tidak ditindak lanjuti dengan komitmen tinggi dalam menjalankannya, maka akan berdampak pada terhambatnya tujuan," katanya.

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.