get app
inews
Aa Read Next : Program Baru Untuk Kemaslahatan Umat di Kota Mojokerto, Ada Interaksi Langsung Dengan Masyarakat

Pemkot Mojokerto Berhasil Naikkan SPBE Dengan Predikat Memuaskan

Selasa, 16 Januari 2024 | 19:49 WIB
header img
Pj Wali Kota Mojokerto Moh Ali Kuncoro. (Foto: istimewa)

MOJOKERTO, iNewsMojokerto.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto semakin menguatkan komitmen dalam memberikan pelayanan publik yang cepat, efisien, dan berbasis digital. Upaya tersebut dibuktikan dengan capaian indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang terus meningkat.

Berdasarkan keputusan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (Menpan RB) Nomor 13 tahun 2024 tentang Hasil Evaluasi SPBE, indeks SPBE Kota Mojokerto mencapai angka 4,26 dengan predikat “Memuaskan”. Sedangkan di tahun-tahun sebelumnya berada di angka 2,92 (2021) dan 3,32 (2022).

“Alhamdulillah atas upaya dan kerja keras segenap jajaran, Indeks SPBE Kota Mojokerto naik signifikan dalam 3 tahun terakhir. Ini menunjukkan bagaimana digitalisasi layanan pemerintahan secara umum sudah berjalan efektif dan efisien,” ungkap Pj Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro.

Kedepan, upaya terus dilakukan Pemkot Mojokerto dengan menggalakkan inovasi digital dalam tata kelola pemerintahan dan pelayanan masyarakat. Salah satunya, dengan menggelar lomba inovasi daerah Mojo Indah (Mojokerto Inovasi Daerah) tahun 2024. 

Kompetisi tersebut tidak hanya menargetkan setiap OPD di lingkungan Pemkot, melainkan juga mengajak masyarakat umum untuk turut andil menciptakan inovasi. Perlu diketahui, sebelum keluar capaian indeks tersebut, Pemkot Mojokerto harus mengikuti rangkaian evaluasi yang dilakukan oleh tim dari KemenPAN-RB RI. 

Diantaranya yaitu penilaian dokumen, interview, dan visitasi. Penilaian tahap terakhir (visitasi) sendiri tidak berlaku di seluruh daerah yang berpartisipasi dalam penilaian SPBE.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut