get app
inews
Aa Read Next : Afrika Selatan Desak Mahkamah Internasional Perintahkan Israel Keluar Dari Rafah, Ini Alasannya

Mengenal Terowongan Gaza yang Bikin Pasukan Israel Ketar-ketir

Rabu, 13 Desember 2023 | 18:02 WIB
header img
Terowongan di Gaza yang akan dibanjiri Israel. (Foto: iNews, Reuters)

Tel Aviv, iNewsMojokerto.id - Israel resmi mengumumkan niatnya untuk membanjiri terowongan di Gaza, Palestina, yang diyakini digunakan sebagai tempat persembunyian oleh pejuang Hamas. Terowongan ini telah berdiri selama beberapa dekade.

Hamas mengklaim bahwa panjang terowongan mencapai 300 kilometer, sementara pasukan Israel sebelumnya menemukan terowongan lain di kedalaman 70 meter di Gaza. Beberapa bagian terowongan telah dilengkapi dengan aliran listrik dan memiliki ketinggian hampir 2 meter.

Strategi membanjiri terowongan bukanlah hal baru. Melansir dari Aljazeera, Rabu (13/12/2023), sepuluh tahun lalu, Abdel Fattah El-Sisi, setelah menggulingkan Presiden Mesir Mohammed Morsi, menggunakan taktik serupa.

Aksi ini dilakukan untuk mendapatkan dukungan politik dari Amerika Serikat dengan menunjukkan keterlibatan Mesir dalam melawan Hamas. Mesir, yang ikut serta dalam pengepungan Israel di Gaza sejak 2007, pada saat itu membanjiri terowongan dengan air kotor.

Selain menimbulkan bencana lingkungan, tindakan tersebut juga menyebabkan kematian banyak warga Palestina yang terkena dampaknya. Sejak pengepungan ketat Israel di Gaza sejak 2007, Mesir turut serta dalam pembatasan dengan menutup perbatasan Rafah, menjadi rute alternatif untuk warga Palestina.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut