get app
inews
Aa Read Next : Untag Surabaya dan University of Salzburg Australia Tandatangani Kesepakatan Internasional

Untag Surabaya Bantu Petani Kakao Ponorogo Tingkatkan Nilai Ekonomi Hasil Panen

Jum'at, 27 Oktober 2023 | 10:21 WIB
header img
Universitas Tujuh Belas Agustus 1945 Surabaya (Untag Surabaya) beri pelatihan kepada petani kakao untuk mengolah hasil panen hingga menjadi bubuk coklat. (Foto: Istimewa)

PONOROGO, iNewsMojokerto.id - Dosen Universitas Tujuh Belas Agustus 1945 Surabaya (Untag Surabaya) membantu para petani kakao yang ada di Desa Pomahan, Kecamatan Pulung, Ponorogo untuk meningkatkan nilai jual komoditas kakao. Optimalisasi seluruh bagian biji kakao secara ekonomi sirkular hingga pemasaran untuk kesejahteraan masyarakat menjadi fokus pendampingan ini. 

Pelatihan yang diikuti Kelompok Tani Lestari Makmur itu merupakan rangkaian dari program pengabdian masyarkat dengan tema "Optimalisasi Alat Produksi Kakao dan Penguatan Manajemen Usaha untuk Meningkatkan Pendapatan Kelompok Tani Lestari Makmur Desa Pomahan, Pulung, Ponorogo". Tiga dosen Untag yakni; Dr. Ayun Maduwinarti, M.P., Aris Heri Andriawan, S.T., M.T., dan Royyan Firdaus, S.T., M.T. menjadi pelaksana program dana hibah Program Kemitraan Masyarakat Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM).

Ketua Pelaksana Dr. Ayun Maduwinarti, M.P mengungkapkan, pendampingan ini dilakukan untuk membantu para petani meningkatkan nilai jual hasil panen kakao. 

"Karena kakao merupakan komoditas yang sebetulnya memiliki nilai ekonomi yang tinggi jika diolah dengan benar," jelasnya saat dihubungi, Kamis (26/10/2023). 

Dosen Administrasi Bisnis, Fisip Untag ini menceritakan, selama ini, Kelompok Tani Lestari Makmur masih menjual produk dalam bentuk biji kakao kering. Namun, hasil penjualan biji kakao kering tidak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan untuk merawat pohon kakao. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut