get app
inews
Aa Read Next : Ning Ita Dapat Dukungan 7 Parpol Non Parlemen Untuk Maju Pilwali 2024

Wow, UMKM Kota Mojokerto Jadi Penyumbang Pertumbuhan Ekonomi Kedua Terbesar

Senin, 04 September 2023 | 19:13 WIB
header img
Wali Kota Mojokerto saat sesi foto bersama pelaku UMKM. (Foto: istimewa)

MOJOKERTO, iNewsMojokerto.id - UMKM Kota Mojokerto menjadi penyumbang laju pertumbuhan ekonomi tertinggi kedua setelah sektor transportasi dan pergudangan di Kota Onde-onde. Pemaksimalan potensi UMKM pun terus menjadi prioritas hingga saat ini. 

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengungkapkan, berdasarkan data BPS tahun 2022, laju pertumbuhan ekonomi di angka 5,56 diperoleh dari tingginya sumbangsih UMKM makannan dan minuman. 

"Faktanya makan-minum ini mayoritas (diproduksi) UMKM. Jadi, panjenengan ini kalau bergerak bersama-sama ternyata menjadi penyumbang pertumbuhan ekonomi terbesar kedua di Kota Mojokerto," jelasnya dalam pembukaan Sosialisasi Implementasi Perizinan Berusaha Berbasis Risiko di lantai 4, MPP Gajah Mada, Senin (4/9/2023).

Wali Kota yang biasa disapa Ning Ita ini juga mengungkapkan, Pemkot Mojokerto pun terus konsisten dalam mendampingi UMKM agar dapat menciptakan lapangan usaha baru melalui program Inkubasi Wirausaha-4P (Pelatihan, Pendampingan, Permodalan, dan Pembentukan Koperasi) sejak tahun 2021 lalu. 

"Setiap tahun, Pemkot menyediakan amggaran untuk fasilitas sertifikasi halal, BPOM, dan PIRT melalui Diskopukmperindag. Silahkan dimanfaatkan," ujar Ning Ita.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut