get app
inews
Aa Read Next : Timnas U-23 Lolos Semifinal Piala Asia, Jokowi Sebut Masalah Olimpiade

Gara-gara Transisi Energi, Presiden Jokowi Tagih Janji

Senin, 22 Mei 2023 | 04:11 WIB
header img
Presiden Jokowi di KTT G7 di Grand Prince Hotel Hiroshima, Jepang, pada Sabtu (20/5/2023) (Setkab)

JAKARTA, iNewsMojokerto.id — Adanya komitmen dari negara maju tentang transisi energi mendorong Presiden Joko Widodo (Jokowi) menagih janji. Janji yang dimaksud adalah dana transisi energi untuk negara berkembang senilai 100 miliar dolar Amerika Serikat per tahun atau setara Rp1.493 triliun yang bukan berbentuk utang sebagai dana pendanaan konstruktif yang hingga kini belum diterima negara berkembang. 

Dalam pertemuan sesi 7 dari KTT Group of Seven (G7) 2023 yang mengusung tema “Common Endeavor for a Resilient and Sustainable Planet”, Presiden Jokowi menyampaikan keraguan negara berkembang terhadap komitmen negara maju dalam mendanai transisi energi untuk mendorong ekonomi berkelanjutan. 

“Bapak Presiden mengatakan negara berkembang meragukan komitmen negara maju dimana hingga kini pendanaan 100 miliar dolar AS per tahun belum terpenuhi. Pendanaan ini harus konstruktif, bukan dalam bentuk hutang,” ungkap Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi dalam keterangan pers yang disiarkan virtual, Minggu (21/5/2023). 

Menlu Retno menjelaskan, Presiden Jokowi menegaskan kepada setiap negara untuk berkontribusi sesuai dengan kapasitasnya masing-masing. Setiap pihak pun perlu untuk mengubah pendekatan dalam mengatasi perubahan iklim dari bentuk pengalihan beban (burden shifting) menjadi pembagian beban (burden sharing). 

Sehingga perubahan iklim tidak hanya dibebankan kepada salah satu pihak, khususnya negara berkembang. Indonesia telah memiliki komitmen yang sangat nyata untuk mengatasi perubahan iklim. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut