get app
inews
Aa Read Next : Jaga Netralitas, TNI Keluarkan 11 Larangan Bagi Prajurit Selama Pemilu 2024

KSAL Pastikan Laut Natuna Aman, Empat Kapal TNI disiagakan

Senin, 16 Januari 2023 | 19:38 WIB
header img
Empat kapal TNI akan disiagakan untuk amankan perairan Natuna. (Foto: inews, antara)

JAKARTA, iNewsMojokerto.id - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali memastikan keamanan perairan Laut Natuna Utara dengan menyiagakan empat kapal perang milik TNI. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menghalau kapal-kapal asing yang masuk ke wilayah perbatasan Zona Ekonomi Ekslusif Indonesia (ZEEI). 

"Jadi kita tetap menjaga kedaulatan dan tetap menyiapkan minimal ada 3 atau 4 KRI di Natuna," katanya, usai acara tabur bunga peringatan Hari Dharma Samudera 2023, di Jakarta, Senin (16/1/2023). 

Laksamana Ali menjelaskan, justru situasi yang saat ini cukup rawan terletak di bagian Utara Laut Natuna Utara atau Laut China Selatan, dan jaraknya jauh dari garis batas ZEEI, maupun landasan kontinen Laut Natuna Utara. Kendati demikian, Ali menegaskan bahwa pihaknya akan tetap mempersiapkan unsur-unsur pengamanan maupun pengawasan, dan menyiagakan empat kapal perang TNI AL

"Jadi sampai sekarang tidak ada masalah dan tidak ada hal-hal yang menimbulkan provokasi-provokasi baru, jadi tetap aman," kata Ali saat ditemui

Bahkan, kata Ali, unsur pengawasan di wilayah Laut Natuna Utara juga dilakukan oleh TNI Angkatan Udara dengan pesawat intai maritim.  

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut