get app
inews
Aa Read Next : Dear Bulan, Siap-siap Kedatangan Tamu Dari China Beberapa Tahun Lagi

Tiga Motor Ekonomi Dunia Akan Melambat Tahun Ini

Senin, 02 Januari 2023 | 10:33 WIB
header img
Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva sebut tiga motor ekonomi global akan melambat di tahun 2023. (Foto: inews, reuters)

WASHINGTON DC, iNewsMojokerto.id - Dana Moneter Internasional (IMF) mengungkapkan kekhawatiran di tahun 2023 menjadi tahun yang sulit bagi pertumbuhan ekonomi dunia. Pasalnya tiga mesin utama pertumbuhan ekonomi di dunia mengalami penurunan aktivitas ekonomi. 

Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF), Kristalina Georgieva mengungkapkan, pada tahun ini tiga mesin utama pertumbuhan global yaitu Amerika Serikat (AS), Uni Eropa, dan China mengalami pelemahan ekonomi. 

"Tahun baru akan menjadi lebih sulit daripada tahun yang kita tinggalkan. Mengapa? Karena tiga ekonomi besar (AS, UE, dan China) semuanya melambat secara bersamaan," ujar Georgieva dikutip dari Reuters, Senin (2/1/2023).

Sementara, Georgieva menilai ekonomi AS paling tangguh saat ini dan dapat menghindari resesi. Menurutnya, ekonomi Negeri Paman Sam bisa menghindari kontraksi langsung yang kemungkinan akan menimpa sepertiga dari ekonomi dunia. 

"AS paling tangguh dan dapat menghindari resesi. Kami melihat pasar tenaga kerja tetap cukup kuat," katanya. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut