get app
inews
Aa Read Next : Makin Renyah, Opak Japit Afiyah Sukses Melancong hingga Jakarta

Melihat Percaya Diri Menag Yaqut di G20 Soal Penanganan Pandemi Indonesia

Kamis, 03 November 2022 | 07:45 WIB
header img
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Forum Religion Country (R20) di Bali, Rabu (2/11/2022). (Foto; MPI)

BALI, iNewsMojokerto.id - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas secara percaya diri menyampaikan keberhasilan Indonesia menghadapi pandemi Covid-19 di Forum Religion Twenty (R20). Menag menyebut meski Indonesia tidak semakmur negara-negara lain, namun penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia dapat disejajarkan dengan negara-negara maju. 

"Indonesia jelas bukanlah bangsa yang memiliki kekuatan hebat untuk berpacu dalam kompetisi teknologi dan sains. Secara ekonomi Indonesia juga tidak memiliki kemakmuran materiil sebagaimana sebagian besar negara-negara sahabat anggota G20 lainnya. Namun demikian, dalam menghadapi bahaya dan masalah, Indonesia terbukti sama tangguhnya dengan bangsa-bangsa maju lainnya," katanya dalam Forum R20 yang digelar di Bali, Rabu (2/11/2022).

Menurutnya, selain kemampuan pemerintah RI dalam menangani pandemi sudah sangat baik. Ditambah dengan solidaritas dan rasa persatuan dalam bernegara dari masyarakat menjadi juga menjadi hal penting dalam mengendalikan dampak pandemi Covid-19 di masyarakat. 

"Pengalaman pandemi di Indonesia membuktikan ini secara gamblang; tanpa partisipasi sukarela rakyat, tanpa solidaritas dan rasa persatuan, tanpa kemanusiaan dan kehendak untuk adil, rasanya sulit Indonesia bisa mengatasi krisis demi krisis serta globalisasi pandemi dengan baik," katanya. 

Dia melanjutkan, Indonesia adalah bangsa yang tumbuh oleh tempaan sejarah: melintasi prahara demi prahara. Mulai dari sejarah kolonialisme, pergolakan politik, otoritarianisme Orde Baru dan kini demokrasi. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut