get app
inews
Aa Read Next : Banyak Korban Judi Online, Menkominfo: Mending Jualan Online

HUT RI ke-77, Kemkominfo Klaim Berhasil Tangani Hoax Khususnya Soal Ini

Rabu, 17 Agustus 2022 | 18:44 WIB
header img
Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo, Usman Kansong, dalam webinar Bangkit Bersama Lebih Kuat yang diselenggarakan MNC Portal Indonesia dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77, Rabu (17/8/2022). (Foto: tangkapan layar)

JAKARTA, iNewsMojokerto.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menilai Indonesia mampu mengatasi hoaks (berita bohong) khususnya selama masa pandemi Covid-19. Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Usman Kansong dalam webinar Bangkit Bersama Lebih Kuat yang diselenggarakan MNC Portal Indonesia dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77, Rabu (17/8/2022).

"Kita sempat mengalami tantangan di komunikasi publik, dalam hal ini hoaks. Tapi Alhamdulillah, kita relatif bisa mengatasi hal ini (hoaks). Terlebih hari ini saat merayakan HUT Kemerdekaan RI," ujar Usman.  

Pada masa pandemi Covid-19 Kemenkominfo menerima berbagai tantangan yang tidak mudah. Komunikasi publik yang baik untuk menangkal berita-berita hoaks yang diunggah ke media sosial menjadi hal yang mutlak dilakukan. 

Dia mengungkapkan, seperti saat ketika Kemenkominfo meminta masyarakat untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 banyak pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang menyebarkan hoaks. Hal itu membuat masyarakat jadi takut dan menolak untuk divaksinasi. 

"Kata orang vaksin itu haram padahal sebetulnya tidak seperti itu. Nah ini menjadi tantangan kami," ujar Usman. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut