get app
inews
Aa Read Next : Rusia dan Korut Semakin Mesra, Ada Jadwal Kunjungan Dalam Waktu Dekat

Maju Selangkah, Ukraina Kantongi Tandatangan Ceko Untuk Percepatan Bergabung Ke NATO

Selasa, 01 November 2022 | 13:47 WIB
header img
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky melakukan penandatanganan deklarasi bersama Perdana Menteri Ceko, Petr Fiala untuk mempercepat langkah Ukraina bergabung dengan NATO. (Foto: istimewa)

KIEV, iNewsMojokerto.id Ukraina terus menorehkan kemajuan selangkah demi selangkah guna bergabung sebagai anggota NATO. Terbaru, Presiden Ukraina telah berhasil menandatangani deklarasi bersama PPerdana Menteri Ceko, Petr Fiala, Senin (31/10/2022) untuk percepatan bergabungnya Ukraina ke dalam aliansi. 

“Hari ini (Senin, 31/10/2022), beberapa dokumen penting telah ditandatangani. Saya ingin secara khusus mencatat (salah satu dokumen itu adalah) deklarasi bersama kami tentang keanggotaan NATO,” ungkap Zelensky, seusai pertemuan dengan Fiala, seperti dikutip laman Ukrinform, Selasa (1/11/2022) WIB.

Penandatanganan ini menjadi tindak lanjut setelah sebelumnya, Fiala dan beberapa anggota kabinet Ceko tiba di ibu kota Ukraina, Kiev, untuk melakukan pembicaraan dengan Perdana Menteri Ukraina, Denys Shmyhal.

“Ini adalah dokumen pertama yang kami teken untuk mempercepat integrasi Euro-Atlantik kami. Kami telah menetapkan dengan deklarasi ini bahwa kami akan memperkuat kerja sama untuk memastikan (terpenuhinya) standar-standar NATO di Ukraina,” kata Zelensky lagi. 

Zelensky juga menuturkan, Kiev akan terus melakukan upaya untuk mempercepat langkah guna menjadi anggota NATO. Sehingga deklarasi sejenis dengan negara-negara NATO lainnya akan terus digalakkan. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut