get app
inews
Aa Read Next : Hampir Setengah Pulau Jawa Darurat Air Bersih

Cerita Mistis Gunung Merapi, Gunung yang Dipindahkan Agar Pulau Jawa Tidak Miring

Jum'at, 21 Oktober 2022 | 20:38 WIB
header img
Gunung Merapi yang sedang meluncurkan lava pijar terlihat dari Cangkringan, Sleman, DI Yogyakarta. (Dok Antara)

JAKARTA, iNewsMojokerto.id – Gunung Merapi merupakan salah satu gunung yang memiliki banyak cerita mistis. Cerita mistis dari gunung ini kerap dihubungkan dengan seringnya Gunung ini erupsi dan memuntahkan material panas dari puncak gunung.

Gunung Merapi memiliki ketinggian 2.968 mdpl yang berada di bagian tengah Pulau Jawa ini salah satu gunung berapi yang teraktif di Indonesia. Hal itu pun kerap menimbulkan ketakutan pada warga yang tinggal di sekitar.

Cerita mistis pun terus beredar luas di kalangan masyarakat. Khususnya tentang asal-usul nama gunung dan bagaimana terbentuknya Gunung Merapi.

Gunung Merapi terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta. Namun secara administratif lereng sisi selatan berada dalam administrasi Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sisanya berada dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Magelang di sisi barat, Kabupaten Boyolali di sisi utara dan timur, serta Kabupaten Klaten di sisi tenggara. 

Sejak tahun 2004, kawasan hutan di sekitar puncaknya menjadi kawasan Taman Nasional Gunung Merapi. Mengenai letaknya yang berada di tengah Pulau Jawa, ternyata ada ceritanya, yang konon punya kaitan sangat erat dengan laut selatan Jawa. Menurut cerita legenda yang berkembang di masyarakat dan diceritakan turun-temurun, di lokasi tempat.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut