get app
inews
Aa Read Next : Dear Bulan, Siap-siap Kedatangan Tamu Dari China Beberapa Tahun Lagi

Angka Kelahiran di China Menurun, Xi Jinping Bingung

Minggu, 16 Oktober 2022 | 16:18 WIB
header img
Presiden China Xi Jinping. (Foto: iNews, reuters)

BEIJING, iNewsMojokerto.id - Presiden China Xi Jinping menjelaskan, angka kelahiran di China terus mengalami penurunan dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini pun membuat orang nomor satu di China mengalami kebingungan untuk meningkatkan angka kelahiran generasi produktif.

Kebijakan proaktif pun siap dilakukan untuk mendorong meningkatnya angka kelahiran. Negara berpenduduk terbanyak di dunia yakni sekitar 1,4 miliar jiwa itu bisa terancam ekonominya akibat hal ini. 

"Kami akan menetapkan sistem kebijakan untuk meningkatkan angka kelahiran serta mengejar strategi proaktif nasional dalam merespons populasi usia tua," kata Xi, dalam pidatonya saat membuka Kongres Partai Komunis China (PKC) di Aula Besar Rakyat, Beijing, Minggu (16/10/2022).

Dengan semakin menurunnya angka kelahiran, membuat kelompok usia lanjut semakin bertambah. Padahal Sejak setahun terakhir, Otoritas China menerapkan berbagai kebijakan untuk mendorong kelahiran, seperti pemangkasan pajak, penambahan waktu cuti hamil, penambahan asuransi kesehatan, subsidi perumahan, uang tambahan untuk anak ketiga, serta menindak tegas tempat les privat yang mematok harga mahal.

Ahli demografi China mengatakan, angka kelahiran di China akan mencapai rekor terendah tahun ini, yakni di bawah 10 juta dibandingkan pada 2021 yang mencapai 10,6 juta jiwa. Penurunan pada tahun ini diperkirakan mencapai 11,5 persen dibandingkan pada 2020. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut